0 0
Read Time:4 Minute, 37 Second

dianrakyat.co.id, TANGERANG — PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan desain kendaraan full electrified vehicle (xEV) sebagai bagian dari implementasi strategi multi jalur dan komitmen beyond-zero di GAIKINDO Indonesia International Motor Show 2024. (GIIAS) Pameran di Tangerang, Banten. PT TAM juga meluncurkan all new Prius HEV (hybrid electric vehicle) dan mengungkap mobil konsep all new Prius PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) Toyota FT-3e BEV (battery electric vehicle). 

Hal ini menunjukkan ekspansi teknologi Toyota dengan memperkenalkan teknologi netral karbon yang komprehensif dan berkelanjutan. Ketersediaan masing-masing teknologi tersebut juga bertujuan untuk menawarkan solusi mobilitas yang lebih luas kepada pelanggan.

Sejalan dengan peta jalan energi Indonesia menuju net zero emisi pada tahun 2060, Toyota juga memperkenalkan konsep Kijang Innova Zenix HEV Flexy Fuel dan Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) yang menggunakan bahan bakar hidrogen ramah lingkungan, yang berpotensi memperluas dukungan terhadap upaya peningkatan emisi net zero pada tahun 2060. : penggunaan energi terbarukan.

“Sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk mencapai net zero emisi pada tahun 2060, PT Toyota-Astra Motor (TAM) Beyond Zero bertujuan untuk mempercepat pengurangan emisi dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan melalui strategi multi-cabang melalui berbagai teknologi elektrifikasi. dan teknologi. menggunakan energi terbarukan untuk mendukung mobilitas berkelanjutan,” kata Hiroyuki Ueda, Presiden PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Toyota telah menawarkan 21 rangkaian kendaraan listrik Toyota dan Lexus (xEV), termasuk kendaraan hibrida, hibrida plug-in, dan kendaraan listrik baterai. Pada tahun 2023, pasar xEV Indonesia akan mencapai 71.500 unit dengan penjualan grosir, dengan kendaraan listrik hybrid menyumbang 76 persen, sedangkan kendaraan listrik baterai menyumbang 24 persen.

Kini, penjualan xEV Toyota sangat positif. Pada paruh pertama tahun 2024, Toyota masih memimpin penjualan kendaraan elektrifikasi dengan 15.017 unit grosir dan menguasai 40% pangsa pasar elektrifikasi domestik, dengan model HEV menjadi kontributor terbesar. Kabar positif ini semakin menggembirakan karena Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV yang diproduksi Toyota di Indonesia berhasil meraih predikat Car of the Year 2023 dan 2024 oleh media otomotif nasional.

Prius HEV yang serba baru

Di ajang GIIAS 2024, Toyota akan menambah opsi hybrid EV dengan all new Prius HEV. Sebagai pionir dan simbol mobil hybrid dunia, All New Prius generasi kelima tampil dengan desain canggih yang mewakili perkembangan teknologi elektrifikasi Toyota.

Penggunaan platform TNGA-C generasi kedua menurunkan pusat gravitasi mobil, sehingga meningkatkan pengendalian dan kualitas berkendara. Dikombinasikan dengan sistem hybrid terbaru Toyota, akselerasi memuaskan dan responsif dengan tetap menjaga tingkat efisiensi bahan bakar. Versi Indonesia akan menggunakan mesin hybrid 2ZR-FXE yang mirip dengan Corolla Cross HEV.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) sangat berterima kasih atas respon positif pengguna Toyota Hybrid yang mengapresiasi efisiensi bahan bakar, pengalaman berkendara memuaskan, fitur keselamatan dan kenyamanan canggih, serta nilai jual kembali yang memberikan ketenangan pikiran. Kami sekali lagi memperluas pilihan kendaraan listrik Toyota dengan peluncuran All New Prius HEV dan berencana untuk menambah lebih banyak model listrik sebagai pilihan kendaraan ramah lingkungan di masa depan. “Selain itu, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan kendaraan listrik hybrid plug-in sebagai model yang mampu memadukan keandalan kendaraan listrik baterai dan kendaraan listrik hybrid dengan fleksibilitas tinggi saat bepergian,” kata PT Toyota-Astra Motor ( TAM). Wakil Presiden. Henri Tanoto.

Pada intinya, Toyota Prius PHEV menghadirkan peningkatan efisiensi bahan bakar berkat kapasitas baterai lebih besar yang dapat digunakan untuk pengisian daya eksternal. Kemunculan model EV plug-in hybrid tidak lepas dari semakin berkembangnya ekosistem Toyota xEV berupa Charging Point di 115 lokasi strategis, dimana 111 titik diantaranya berada di diler resmi Toyota, 2 titik di pusat perbelanjaan besar. . di Jakarta. dan 2 unit di Jalan Rest Area Tol Trans Jawa yang akan terus bertambah seiring meningkatnya popularitas BEV dan PHEV Toyota.

Selain menambah alat bantu mobilitas yang menjadi perhatian pelanggan, PHEV khususnya memiliki keandalan berbeda yang memperkuat nilai bagi pelanggan yang ingin menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Yang pertama tentu saja terkait dengan kemungkinan pengisian baterai melalui charger eksternal untuk menambah jangkauan EV Mode sebagai solusi mobilitas perkotaan.

Kemudian, PHEV juga memiliki kemampuan self-charging untuk menjaga mobilitas di tempat-tempat yang masih belum bisa diakses stasiun pengisian daya. Hal ini juga mencakup efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi berkat mesin hybrid siklus Atkinson dan emisi yang jauh lebih rendah dibandingkan mobil konvensional. 

Kijang Innova Zenix HEV :

Pelanggan juga dapat membantu mengurangi emisi karbon dengan beberapa cara. Toyota menghadirkan konsep Kijang Innova Zenix HEV Flexy Fuel yang memadukan teknologi hybrid dengan penggunaan bahan bakar alternatif dan mempercepat pengurangan emisi karbon.

Kijang Innova Zenix HEV dipilih karena merupakan ikon mobil keluarga Indonesia bahkan telah menemukan jati diri baru sebagai mobil ramah lingkungan. Untuk memudahkan pelanggan, semua model mesin pembakaran internal (ICE) terbaru Toyota telah dirancang untuk menggunakan bioetanol (E10), dan rangkaian mesin diesel Toyota mendukung penggunaan biodiesel.

Toyota Mirai

Toyota berkomitmen mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mengimplementasikan Peta Jalan Energi Indonesia. Tujuan jangka pendeknya adalah agar energi terbarukan menyumbang setidaknya 34% dari pasokan listrik Indonesia pada tahun 2030, untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060. Dengan strategi Multi Pathway, Toyota memperkenalkan kendaraan listrik sel bahan bakar netral karbon (FCEV). ) teknologi sebagai respons terhadap kebijakan ini.

Teknologi Toyota Mirai menggunakan hidrogen murni sebagai sumber energi untuk menggerakkan motor listrik. Jadi dijamin bebas emisi karena emisinya air murni dan senyap khas mobil listrik. Kedepannya, teknologi ini juga dapat dimanfaatkan oleh moda transportasi lain, termasuk untuk sumber energi industri, dunia usaha, dan rumah tangga.

Toyota FT-3e

Toyota juga memperkenalkan Toyota FT-3e sebagai kendaraan listrik (EV) yang berkelanjutan dan futuristik. Toyota FT-3e merupakan mobil konsep yang mewakili keseriusan Toyota dalam pengembangan teknologi Battery EV. Hal ini sejalan dengan berkembangnya ekosistem infrastruktur pengisian listrik BEV di Indonesia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D