0 0
Read Time:2 Minute, 39 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Pengurus Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadin) dan Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin mendesak segera diadakannya pertemuan khusus nasional (Munaslab). Tak hanya itu, permintaan itu juga disampaikan Ketua Kadin kepada konferensi nasional. Ia meminta Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia segera menggelar rapat nasional.

Thomas Zusman, Ketua Kadin Bangka Belitung, menjelaskan usulan dan desakan diadakannya munas Kadin merupakan respons terhadap dinamika yang terjadi di tubuh Kadin dan pembentukan organisasi perdagangan yang netral sebagai mitra strategis pemerintah.

“Kami selaku anggota Kadin Indonesia yang terhormat dan Ketua Kadin Provinsi yang hadir bersama asosiasi industri menyikapi perkembangan yang terjadi di Kadin Indonesia. “Ada seruan agar rapat nasional segera diadakan. Semua berharap ke depan bisa terlaksana. Tertulis Jumat (13/9/2024).

Thomas menegaskan, Kadin Provinsi Indonesia harus bekerja sama dengan pemerintah untuk menjaga dan memperkuat partisipasi aktif Kadin Indonesia dalam pembangunan nasional.

Thomas menegaskan, “Kami sepakat untuk mengusulkan kepada Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia berdasarkan konsensus untuk menyelenggarakan rapat nasional khusus Kadin Indonesia.”

Ia mengatakan konferensi nasional yang diusulkan Cardin adalah cara terbaik untuk meningkatkan lingkungan bisnis dan kesejahteraan secara keseluruhan. Sebab, Kadin merupakan wadah berkumpulnya para pengusaha dan asosiasi yang netral dan kompatibel serta menjadi mitra strategis pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Nita Yudi sepakat perlu segera menggelar konferensi nasional. Tujuannya adalah untuk menjaga kepentingan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, keharmonisan pemerintahan dan administrasi, serta kemajuan regional dan nasional.

Nita menyampaikan: “Kami berharap konferensi nasional ini dapat terlaksana secepatnya, terselenggara dengan baik dan lancar, serta bermanfaat bagi Kamar Dagang dan Industri Indonesia yang kita semua cintai.”

Sebelumnya, Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) membantah kabar akan digelarnya konsultasi nasional khusus (Munaslab) untuk mencopot Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Arsjad Rasjid.

“Tidak akan ada konferensi nasional (musyawarah nasional) dan munas,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Kadin Indonesia Bidang Organisasi Eka Sastra kepada dianrakyat.co.id, Jumat (13/9/2024).

Eka dalam keterangan resmi mengatakan, upaya beberapa kamar dagang dan industri provinsi untuk mengusulkan konferensi nasional melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Selain itu, upaya Kongres Nasional untuk mengganti ketua umum juga dapat menimbulkan perpecahan dalam organisasi yang berdampak buruk pada lingkungan bisnis secara nasional.

“Mengingat informasi yang tersebar banyak pihak mengenai rencana penyelenggaraan Kongres Nasional Luar Biasa Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Munaslab), kami selaku Pengurus Kadin Indonesia menilai upaya tersebut telah membuahkan hasil. situasi yang mengancam status organisasi Kadin sebagai mitra strategis pemerintah. Membangun kohesi menuju perekonomian yang sejahtera, inklusif, dan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Eka menjelaskan, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, organisasi yang memberikan wadah bagi pengusaha dan mitra strategis pemerintah, didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 (UU Kadin) dan dikukuhkan dalam keputusan presiden. dekrit. AD/ART Kamar Dagang dan Industri Indonesia. M Arsjad Rasjid PM disebut-sebut merupakan Ketua Umum Kadin Indonesia terpilih periode 2021-2026.

Sesuai keputusan bersama Munas Kadin Indonesia ke-8 yang diselenggarakan di Kendari, Asia Tenggara pada tanggal 30 Juni 2021, Arsjad Rasjid terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia Tahun 2021- periode 2026. Sulawesi.

“Oleh karena itu, seluruh anggota Kadin, baik kamar daerah maupun anggota khusus, mempunyai kewajiban hukum untuk menjalankan amanah hukum dan menjaga AD/ART dalam kegiatan organisasi,” tegas Eka.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D