0 0
Read Time:2 Minute, 46 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Ternyata mencuci rambut dengan air dingin bisa membantu Anda memiliki rambut lebih berkilau. Ini karena air dingin membantu menutup kutikula rambut sehingga mengurangi kerusakan.

“Air dingin membantu menutup kutikula rambut, mempertahankan kelembapan dan nutrisi sekaligus melindungi dari kotoran dan bakteri. Hasilnya lebih lembut, halus, berkilau, dan tidak mudah patah atau kusut,” kata dokter kulit, Chief Medical Officer di ClinicSpots. dan menjelaskan kepada Harikiran Chekuri, MBBS, MS, pendiri Redefine Clinic Shape.

“Mencuci dengan air dingin juga dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan dengan meningkatkan oksigenasi (melalui sirkulasi darah ke kulit kepala),” tambahnya.

Hasil keseluruhannya tidak hanya meningkatkan kesehatan rambut, tetapi juga membuat rambut lebih mudah diatur dan ditata dalam jangka panjang.

Chekuri mencatat bahwa air dingin dapat mengurangi peradangan, iritasi, dan gatal-gatal. Air dingin juga dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, mencegah masalah seperti ketombe dan infeksi. Ini juga dapat menenangkan kulit kepala dari panas, bahan kimia, dan produk penataan rambut.

Bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, mencuci rambut dengan air dingin juga dapat membantu mengatur produksi sebum (minyak alami). Selain itu, jika Anda mewarnai rambut, mencuci rambut dengan air dingin juga akan membantu warnanya bertahan lebih lama.

Menurut Chekuri, banyak ahli percaya bahwa air dingin membantu merangsang aliran darah ke kulit kepala, yang memberi nutrisi pada folikel dan pertumbuhan rambut, serta meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

Air dingin membantu membuat rambut Anda bersinar. Namun untuk memahami cara kerjanya, Anda perlu mengetahui beberapa fakta tentang tekstur rambut, seperti dilansir Shape pada Jumat, 8 Maret 2024.

Menurut Jurnal PeerJ, serat rambut terdiri dari tiga bagian. Medula berada di bagian tengah dan ditutupi oleh korteks, yaitu lapisan protein keratin (protein penyusun rambut). Kemudian kutikula menutupi korteks dan merupakan lapisan pelindung luar dari serat rambut.

Kutikula terdiri dari sel-sel datar dan saling tumpang tindih yang terlihat seperti sisik dan dapat dibuka dan ditutup. Kutikula yang terbuka atau tertutup secara langsung mempengaruhi penampilan rambut Anda. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kutikula terbuka atau tertutup, antara lain faktor genetik dan faktor eksternal seperti suhu air.

“Saat kutikula terbuka, rambut tidak mempertahankan kelembapan dengan baik, sehingga dapat membuat helaian rambut menjadi keriting,” jelas penata rambut profesional dan duta Redken Rodney Cutler.

Meskipun mencuci rambut dengan air hangat menyebabkan kutikula terbuka, mencuci rambut dengan air dingin memiliki efek sebaliknya.

“Mencuci rambut dengan air dingin akan membantu menghaluskan dan menutup kutikula,” kata Cutler.

Ketika kutikula rambut tertutup, rambut tampak lebih lembut dan berkilau karena sel-selnya rata dan halus.

“Air dingin membantu meluruskan sel kutikula, sehingga cahaya lebih mudah dipantulkan dan membuat rambut berkilau,” kata penata rambut selebriti Ona Diaz-Santina.

Alasan lain menggunakan air dingin untuk meningkatkan kilau adalah karena air yang terlalu panas dapat “mengganggu keseimbangan pH” pada rambut dan menyebabkan kutikula rambut terbuka, kata Santins.

Santin memberikan langkah terbaiknya dengan mengatur suhu air saat mencuci rambut. Pertama, gunakan air hangat untuk membuka kutikula agar sampo dapat membersihkan secara mendalam dan meresap ke dalam serat rambut.

“Gunakan air hangat untuk menghilangkan kotoran, dan satu atau dua sampo tergantung berapa lama Anda tidak mencuci rambut. Ikuti dengan kondisioner (dari akar hingga ujung),” kata Santin.

Lalu cuci rambut Anda dengan air dingin. Dengan cara ini, ia menutup kutikula dan mengunci kelembapan serta semua bahan bermanfaat untuk rambut Anda dari perawatan rambut.

“Pijat kulit kepala secara menyeluruh, gunakan jari Anda untuk menyabuni, dan bilas dengan air dingin untuk mengunci kelembapan.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D