0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Dalam suasana tegang di Dortmund pada Selasa (18/06/2024), remaja Arda Guler mencuri perhatian dengan tendangan jarak jauh yang luar biasa untuk membantu Turki menang 3-1 atas debutan turnamen Georgia di Pembukaan Euro 2024.

Pemain muda Real Madrid, Guler, mencetak gol menakjubkan pada usia 19 tahun 114 hari, menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada debutnya di Euro, memecahkan rekor Cristiano Ronaldo. Selain itu, ia juga menjadi pemain termuda kelima yang mencetak gol di turnamen ini.

Mert Muldur membuka keunggulan Turki pada menit ke-25 melalui tendangan voli ke gawang Georgia yang berhasil diselamatkan Giorgi Mamardashvili. Namun, tujuh menit kemudian, Georgia yang bersemangat menyamakan kedudukan berkat Georges Mikautadze, yang memanfaatkan umpan silang Giorgi Kochorashvili dan menjentikkan bola ke gawang Mert Gunok.

Di babak kedua, Turki tampil lebih agresif dan mengontrol permainan, banyak memberikan tekanan namun tetap membuka peluang serangan balik. Puncaknya terjadi pada menit ke-65 ketika Guler melepaskan tembakan yang tak mampu dihentikan kiper Georgia untuk kembali membawa Turki unggul. Di masa tambahan waktu, Kerem Akturkoglou mengamankan kemenangan bagi Turki dengan gol ketiga, memanfaatkan kelemahan pertahanan Georgia.

 

Usai pertandingan, Guler yang dinobatkan sebagai pemain terbaik pertandingan mengungkapkan kegembiraannya. “Saya sangat senang, tidak ada kata-kata untuk menggambarkan perasaan saya,” kata Guler. “Saya memimpikan gol ini sepanjang waktu. Saya bekerja sangat keras untuk membalas cinta luar biasa yang telah saya terima.”

Guler juga mengatakan bahwa di akhir latihan dia melatih tendangan tersebut. “Saya sangat senang bisa mencetak gol seperti itu. [Pelatih Madrid Carlo Ancelotti] mengirimi saya pesan hari ini dan mendoakan saya beruntung.”

Guler, yang mencetak lima gol dalam lima penampilan untuk Real Madrid musim lalu, menunjukkan bakatnya meski sering absen karena cedera. Ia berharap mendapat menit bermain lebih banyak pada musim depan, meski persaingan semakin ketat dengan kedatangan Kylian Mbappe dan Endrick.

Georgia, tim dengan rating terendah di Euro 2024, menunjukkan semangat yang luar biasa dan hampir menyamakan kedudukan di menit-menit akhir. “Perasaannya sedikit campur aduk. Kami mempunyai banyak peluang mencetak gol,” kata pelatih Georgia Willie Sagnol.

“Arda Guler adalah talenta hebat, dia akan mendapatkan lebih banyak pengalaman dan mencetak lebih banyak gol. Kami belajar dengan cepat dan menjadi lebih baik sebagai sebuah tim.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D