0 0
Read Time:2 Minute, 15 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Pameran nasional seni dan kerajinan Kriyanusa 2024 yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) bertemakan “Pengrajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya” pada 28 Agustus – 1 September 2024 di Hall A & Hall B, Jakarta Convention Center (JCC).

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai bank yang fokus pada pemberdayaan UMKM untuk mendukung dan turut serta menampilkan produk seni terbaik dari UMKM binaan Rumah BUMN BRI.

 

Istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ketua Dekranas Wury Ma’ruf Amin membuka pameran yang diadakan setiap tahun di DEKRANAS, pada Rabu (28/8/2024). Acara ini merupakan wujud komitmen terhadap pelestarian dan pengembangan produk seni rupa Indonesia serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan perluasan pasar seni rupa Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua DEKRANAS Wury Ma’ruf Amin mengatakan pameran ini menunjukkan komitmen untuk mewariskan tradisi dan warisan nenek moyang kepada generasi muda.

“Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni dan kerajinan tradisional dari berbagai daerah menunjukkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai identitas pulau tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Kriyanusa menjadi wadah bagi seniman muda Indonesia untuk menampilkan kebangkitan kekayaan budaya Tanah Air.

Sebagaimana diketahui, Kerajinan Tangan (Kriya) merupakan sumber daya penting dalam memenuhi permintaan pasar internasional terhadap seni Indonesia.

Ratusan produk karya perajin dari seluruh tanah air ditampilkan dengan apik di acara tersebut.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai bank yang fokus pada pemberdayaan UMKM di Indonesia mendukung acara ini dan berkesempatan menampilkan produk seni terbaik dari UMKM binaan Rumah BUMN BRI.

BRI juga akan berperan dalam membantu bisnis lokal yang bergerak di sektor seni untuk mendapatkan pengakuan internasional yang lebih baik. Ada beberapa UMKM yang turut membantu memamerkan beberapa produknya, yaitu MINIMIZU dan Dannes Teakwood.

Pertama, MINIMIZU, brand di bidang seni kreatif dengan produk aquascape, paludarium, terrarium, dan produk algae. UMKM ini menghasilkan produk-produk unik yang menyediakan model dan desain berbeda sesuai kebutuhan pelanggan.

Kemudian UMKM kedua yaitu Danesteakwood merupakan produsen kerajinan pohon teh berbasis wirausaha sosial dan ekonomi hijau yang memanfaatkan daun pohon teh untuk membuat produk dekorasi rumah dan perlengkapan rumah tangga. UMKM ini menggunakan kayu kualitas terbaik dan bertujuan untuk memberdayakan pengrajin di seluruh Indonesia.

Terkait dukungan BRI terhadap pameran Kriyanusa 2024, Wakil Direktur Catur Budi Harto mengatakan, kesempatan mengikuti kegiatan tahunan Dekranas untuk memberdayakan UMKM yang didukungnya merupakan wujud kredibilitas BRI. Hal ini sejalan dengan komitmen BRI untuk memastikan UMKM tumbuh di pasar global.

“Kami berharap event nasional seperti ini, dapat membuka jalan dan jalan bagi para pelaku UMKM agar bisa naik kelas,” ujarnya. 

UMKM mencapai 420 posisi kerajinan, 30% diantaranya berasal dari perajin muda, dan 24 posisi memasak. Pameran tahun ini menampilkan simbol-simbol budaya Kalimantan Timur dan merayakan berbagai acara seperti pertunjukan, fashion show, talkshow dan workshop, serta musik.

 

(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D