0 0
Read Time:57 Second

LONDON – Secara teknis, Bumi tidak mengorbit Matahari dengan akurat. Penjelasannya terletak pada konsep pusat gravitasi, yaitu titik di mana dua benda yang mengorbit satu sama lain berputar.

Meski Matahari memiliki massa yang jauh lebih besar dibandingkan planet-planet di Tata Surya, gravitasi bekerja dua arah.

Artinya, Bumi tidak hanya ditarik oleh Matahari, namun Bumi juga menarik Matahari dengan gaya gravitasi yang lebih kecil.

Menurut hukum ketiga Kepler, massa dua benda yang mengorbit satu sama lain menentukan parameter orbit dan posisi pusat massa.

“Contoh bintang kecil yang mengorbit bintang yang lebih masif. Kedua bintang sebenarnya mengorbit pada pusat massa yang sama, yang disebut barycenter. tulis teori Hukum Ketiga Kepler seperti dilansir IFL Science, Selasa (25/6/2024).

Bintang-bintang kecil yang mengorbit bintang-bintang besar sebenarnya berputar mengelilingi pusat massa yang sama, barycenter. Hal ini berlaku untuk semua benda di orbit, berapa pun massa dan ukurannya.

Dalam kasus tata surya, kita sering mengatakan bahwa planet-planet berputar mengelilingi matahari.

Namun pusat massa tata surya biasanya dekat dengan Matahari karena Matahari memiliki massa yang jauh lebih besar.

Namun karena pengaruh gravitasi raksasa gas seperti Yupiter dan Saturnus, pusat massanya tidak selalu berada di Matahari.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D