0 0
Read Time:3 Minute, 3 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Sesuai arahan Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberikan diskon atau potongan harga tol hingga 20% dari dan ke rumah. Idul Fitri 2024. Diskon tol sebesar 20% pada Tol Trans Jawa Jakarta-Semarang dan sebaliknya.

Corporate Communications and Community Development Group Head Jasa Marga Lisi Octaviana menjelaskan, diskon tol sebesar 20 persen berlaku untuk ruas tol Jakarta-Sikampek dan flyover MBZ, tol Palimanan-Kansi, tol Batang-Semrang, dan ruas ABC. Jalan Tol Semarang.

 

Diskon tol ini berlaku mulai dari Gerbang Tol (GT) Utama Sikempak di Tol Jakarta-Sikempak hingga GT Kalikangkung di Tol Batang-Semarang dan untuk arus mudik serta dari GT Kalikangkung di Tol Batang-Semarang. , Jakarta-Sikempak Kendaraan utama di Tol GT hadir kembali,” kata Lizzie, Senin (1/4/2024).

 

Diskon tarif sebesar 20 persen ini berlaku untuk semua kelas kendaraan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada hari-hari tertentu yang diperkirakan merupakan puncak lalu lintas mudik dan pulang pergi.

Teknis penerapan diskon tol tersebut berlaku untuk semua jenis kendaraan dan hanya untuk kendaraan yang keluar dari GT Sicampek Utama dan transaksi keluar GT Kalikangkung Tol Batang-Semanang mulai Rabu, 3 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan Jumat, 5 April. , 2024 05.00 WIB s/d WIB. aliran balik 

Sedangkan untuk perjalanan pulang pergi, diskon tarif berlaku hingga Rabu, 17 April 2024, Jumat pukul 05.00 WIB bagi kendaraan yang berangkat dari GT Kalikangkung Tol Batang-Semrang dan GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek untuk transaksi keluar. . , 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

“Diskon tol ini berlaku bagi pengguna jalan yang menggunakan e-money. Untuk itu, kami meminta pengguna jalan untuk memastikan persiapan sebelum melakukan perjalanan, termasuk memastikan kecukupan saldo e-money dan bahan bakar, serta kendaraan dan pengemudi. Situasi yang sempurna,” kata Lizzie.

Lisye berharap diskon tarif sebesar 20 persen ini bisa menjadi acuan masyarakat yang lebih leluasa merencanakan perjalanan mudik dan pulang. Jadi masyarakat tetap bisa memanfaatkan potongan tarif tol.

Koresponden: Sulaiman

Sumber: Merdeka.com

Sebelumnya, pemerintah memastikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memberikan diskon tol pada musim mudik Lebaran 2024. Pada tahun-tahun sebelumnya, tarif juga didiskon.

Insya Allah diskon tetap untuk pengaturan lalu lintas, Basuki dikutip Antara, Kamis (14/3/2024).

Beberapa BUJT menawarkan diskon tarif pada periode tertentu seperti libur Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru.

Diskon tersebut antara lain akan meringankan lalu lintas dan meringankan beban biaya perjalanan masyarakat serta mendorong pariwisata.

Namun, diskon tol umumnya diterapkan pada jam-jam tertentu di luar hari-hari sibuk lalu lintas rumah untuk mendorong penggunaan jalan tol di luar jam sibuk dan mengurangi kemacetan.

Basuki mengatakan sejauh ini belum ada usulan potongan biaya BUJT. Meski demikian, dia memastikan diskon tersebut tetap berlaku saat lebaran tahun ini.

Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan orang pada Idul Fitri 2024 mencapai 193,6 juta orang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, angka tersebut meningkat dibandingkan pergerakan orang pada Lebaran 2023 yang sebanyak 123,8 juta orang.

Dia mengatakan pemerintah menerapkan strategi komprehensif untuk mengatasi lonjakan penumpang, yang dia khawatirkan akan menyebabkan kemacetan di titik-titik dan jalan raya. Strategi ini akan fokus pada tiga bidang utama: pola perjalanan, pola transportasi, dan pola lalu lintas.

“Kami akan melakukan penyesuaian waktu kedatangan mudik, diskon tarif angkutan massal untuk mudik lebih awal, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon jalan tol, dan manajemen lalu lintas terutama di kawasan yang rawan kemacetan tidak normal,” kata Budi.

H-2 atau Senin 8 April 2024 diperkirakan arus puncak mencapai 26,6 juta orang berdasarkan preferensi perjalanan. Sedangkan perkiraan arus balik maksimum adalah H+3 yaitu Minggu 14 April 2024 dengan jumlah migrasi sebanyak 41 juta orang. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D