0 0
Read Time:3 Minute, 9 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Terasi terkenal dengan aromanya dan menjadi makanan pokok masakan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Di Indonesia, terasi memegang peranan penting dalam berbagai masakan tradisional yang memberikan cita rasa yang kuat dan menarik.

Terasi yang sering disebut belakan adalah makanan yang terbuat dari udang atau ikan kecil yang dikeringkan dan dihaluskan menjadi pasta atau balok. Beberapa orang mungkin tidak menyukai bau udang yang menyengat. Namun ketika diolah dan dijadikan makanan, rasanya sangat manis dan membingungkan.

Nah, bagi yang ingin mencoba nikmatnya rasa terasi, simak resep terasi bermanfaat berikut ini yang dirangkum dari Cookpad pada Kamis, 6 Juni 2024.

  Teras Cabai Ravit

Resep yang dibuat oleh pengguna @cook_14211809 menggunakan yang berikut ini:

 

25 gram cabai rawit

5 siung bawang putih

7 bawang merah

12 gram terasi

Lilin panggang 15 gr

150 gram tomat

1 cangkir jus lemon

20 gr gula merah (sesuai selera)

Cicipi garam dan rempah-rempah

100 gram air mendidih

Minyak secukupnya

  Cara membuat: Buat semua pengaturan yang diperlukan. Cuci semua bahan dengan baik dan tiriskan. Siapkan lilin yang sudah dipanggang lalu cincang halus. Tambahkan cabai rawit, bawang putih dan cengkeh. Blender hingga halus, lalu masukkan terasi dan tomat lalu haluskan kembali. Jika sudah bening, sisihkan. Siapkan gula merah dan serai yang dihaluskan. Tumis dengan jeruk nipis hingga agak kering, lalu masukkan bumbu halus, tumis dan masak hingga harum. Tambahkan garam, bumbu sayur dan gula merah sesuai selera. Tambahkan air dan masak. Setelah masak dan tambahkan minyak, koreksi rasa. Jika ada yang kurang, silakan tambahkan apa yang dirasa kurang. Setelah itu matikan kompor. Sop terasi siap disajikan dengan nasi hangat.

Resep yang dibuat oleh pengguna @dapurmamaDeFa menggunakan bahan-bahan berikut:

  Bahan Bumbu Ayam:

1 kg sayap ayam, potong menjadi dua bagian

25 gram bawang putih kupas dan susu

1 butir telur

1 sdt cuka/lemon

1 sdt baking powder

6 sendok teh tepung tapioka

2 sdm kaldu

1 sendok teh garam

1/2 sendok teh gula

1/2 sendok teh cabai merah

Bahan Terasi Goreng 2 Sachet :

100 gram bawang merah

15 gram bawang putih, kupas, cincang atau tumbuk

2 daun bawang

7 cabai rawit merah (sesuai selera)

10 mata burung hijau (sesuai selera)

60 ml air mendidih

Saus tiram 1 sdm

1/4 sdt garam

1/2 sendok teh gula

1/4 sdt baking powder/masala

  Cara Membuat : Siapkan semua bahan yang diperlukan. Cuci dan tiriskan ayam. Cabai rawit merah dan hijau, serta daun bawang, pisahkan dan potong bagian putih dan hijaunya. Masukkan potongan ayam ke dalam wadah, lalu masukkan semua bahan marinasi (kecuali terasi). Pikirkan baik-baik. Tuangkan terasi dan taburkan di atas ayam yang sudah di marinasi dengan bantuan saringan atau saringan. Cara meraciknya pun mudah, tujuannya agar tidak ada bagian yang nanti bau terasinya menyengat. Panggang selama 30 menit hingga ayam berwarna coklat, lalu tiriskan. Lelehkan bawang putih sebentar, lalu tambahkan bagian putih daun bawang dan sedikit merica hitam. Tumis hingga harum. Tambahkan air, saus tiram, garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata. Masak sebentar, masukkan semua merica, aduk. Lalu masukkan bagian hijau daun bawang. Aduk rata dan masak sebentar. Jangan lupa sesuaikan rasanya. Masukkan ayam, aduk perlahan, lalu angkat. Ayam goreng pasta bawang putih siap dihidangkan dengan nasi hangat.

 

Selain dijadikan sambal, terasi juga bisa ditambahkan pada tumisan tauge terasi. Resep yang dibuat oleh pengguna @RagaSehat0822 menggunakan yang berikut ini:

 

3 genggam kacang

Bawang merah 3 siung

3 siung bawang putih

2 paprika merah

2 cabai rawit

1 bungkus kecil terasi (direbus atau digoreng)

Bumbui dengan garam

Nikmati gula pasirnya

Lada secukupnya

Kompatibilitas jamur/rasa

Minyak secukupnya untuk menggoreng

20 ml air

  Cara Membuat : Siapkan semua bahan yang diperlukan. Bilas tauge dengan air mengalir dan sisihkan. Taburi dengan bawang putih, bawang putih dan merica. Sisihkan masing-masing. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih, bawang putih dan cabai. Masukkan satu per satu secara berurutan. Jika bumbu sudah harum, masukkan terasi. Tambahkan tauge dan aduk secepat bumbu. Tambahkan gula, garam, merica, dan bumbu sesuai selera. Tutupi dengan air sampai kacang matang. Jangan lupa sesuaikan rasanya. Udang Kacang Goreng siap dihidangkan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D