0 0
Read Time:1 Minute, 3 Second

JAKARTA – Situs KIP Kuliah Kemendikbudristek masih ditutup akibat adanya ransomware di Pusat Data Nasional (PDN) yang menyebabkan mahasiswa terus meluapkan kemarahannya di media sosial Kemendikbudristek. . Melalui surat edaran Sekjen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengirimkan beberapa solusi atas permasalahan tersebut.

Website KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id saat diakses pada Minggu (30/6/2024) pukul 14.30 WIB masih belum bisa diakses.

Baca Juga: Hacker Serang PDN, Pakar ITS Ungkap Ancaman Berikutnya Bagi Masyarakat

Saat ini website KIP Kuliah hanya memuat notifikasi mengenai permasalahan PDN yang mempengaruhi sistem operasi KIP Kuliah.

Sementara itu, situs tersebut menulis, proses KIP Kuliah diulangi dengan menggunakan cadangan data di Pusat Data Kementerian Pendidikan dan Riset dan Teknologi. Sistem KIP Kuliah akan beroperasi kembali paling lambat tanggal 29 Juli 2024.

Baca Juga: Layanan Terhenti Akibat Peretasan PDN, Kemendikbud Minta Maaf

Masa pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri saat ini menimbulkan kekhawatiran bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah. Kekhawatiran mereka pun diungkapkannya melalui media sosial Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satunya Instagram Pusat Layanan Pendanaan Pendidikan (Puslapdik).

“Tolong, satu-satunya harapanku adalah tolong bantu aku. Aku tidak ingin gagal kuliah tahun ini,” kata warganet @awaas*** di akun Instagram Puslapdik.

Baca Juga: Server PDN Diserang Ransomware, Layanan KIP Kuliah Kemendikbudristek Gagal

“Sudah 1 minggu, WEBSITE KIPK KLIAN BNER,” kata akun @fittl***.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D