0 0
Read Time:2 Minute, 31 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Selain aroma dan rasanya yang segar, belimbing wuluh juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Anehnya, belimbing wuluh tidak hanya sebagai penambah rasa, tetapi juga merupakan tanaman yang digunakan dalam pengobatan tradisional karena manfaat kesehatannya.

Buah ini disebut belimbing wuluh dalam bahasa Inggris dengan nama ilmiah Averroha bilimbi L. dari keluarga Oxalydaceae.

Belimbing wuluh sering digunakan dalam berbagai masakan Asia Tenggara karena memberikan rasa segar dan asam. 

Pohon belimbing wuluh tumbuh di lingkungan tropis panas di Asia Tenggara seperti negara kita, India, Malaysia, Sri Lanka dan Maladewa. Buahnya kecil, pipih, berwarna coklat ketika matang dan lembut. Matang

Selain buahnya, buah dan bunga pohon belimbing wuluh juga memiliki khasiat obat dan sering digunakan dalam pengobatan herbal.

Kamis, 6 Juni 2024 Dari Laman NetMeds Belimbing wuluh kaya akan nutrisi penting, antara lain: Karbohidrat Protein Serat Vitamin C dan Vitamin B Kalsium Zat Besi Flavonoid Tanin Terpen.

Bahan-bahan tersebut memberikan manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan Kandungan nutrisinya yang kaya dan manfaat kesehatannya membuat buah ini tidak hanya ditemukan di Asia Tenggara. Negara-negara seperti Amerika, Australia dan negara-negara Amerika Selatan kini membudidayakan buah ini.

Beberapa penelitian ilmiah telah menyelidiki klaim tradisional tentang manfaat belimbing wuluh dalam pengobatan berbagai penyakit.

Menurut situs resmi Kementerian Kesehatan, inilah manfaat belimbing wuluh Antimikroba: Belimbing wuluh memiliki sifat antimikroba yang dapat menghancurkan bakteri dan senyawa saponin, flavonoid, alkaloid dan tanin. Mengobati Usus dan Kolesterol: Saponin dalam belimbing memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengatur kadar kolesterol. Anti diabetes: Flavonoid dalam buah ini membantu mengatur aktivitas insulin dalam tubuh, sehingga menghambat enzim yang meningkatkan kadar glukosa darah. Mendukung Kesehatan Jantung: Konsumsi sayuran bertepung secara teratur dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, mencegah tekanan darah tinggi, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Juga menyembuhkan batuk: Belimbing memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan batuk.  Melawan Jerawat: Senyawa saponin dalam belimbing wuluh memiliki sifat pembersih dan antimikroba yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Salah satu manfaat belimbing wuluh adalah meredakan batuk Banyaknya kandungan vitamin C pada belimbing wuluh memberikan manfaat khusus untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh.

Hal ini pada gilirannya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga berguna dalam pengobatan batuk

Simak langkah-langkah membuat belimbing wuluh menjadi obat batuk berikut ini

Siapkan bahan-bahan sesuai fimela : 3 biji bintang 200 cc air Gula pasir secukupnya, (bisa diganti madu)

Cara membuatnya: Tambahkan air, belimbing wuluh dan gula pasir Keluarkan satu dan dinginkan selama 1 jam Lap sari belimbing wuluh dengan kain Dibagi menjadi dua bagian, diminum pada pagi dan sore hari sebelum makan

Belimbing wuluh merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan aman dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Namun jika belimbing wuluh dimakan dalam jumlah banyak sekaligus atau teratur, dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, dan masalah pencernaan lainnya karena kandungan asamnya.

Selain itu, belimbing wuluh mengandung asam oksalat dalam jumlah tinggi yang jika tertelan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kristal kalsium oksalat menumpuk di ginjal sehingga akhirnya menyebabkan gagal ginjal akut (ARF).

Oleh karena itu, kita harus ingat untuk mengonsumsi buah belimbing secara rutin dengan porsi dan porsi yang tepat agar terhindar dari risiko gangguan kesehatan yang serius

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D