0 0
Read Time:56 Second

Jakarta – Dunia riset Indonesia mencatat sejarah baru dengan penyelaman terdalam di palung laut. Rekor tersebut dicatatkan atas kerja sama Chinese Academy of Sciences dan Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia.

Rekor penyelaman mencapai 7.178 meter di Palung Laut Jawa menggunakan kapal selam Fendouzhe pada 23 Februari hingga 23 Maret 2024.

Shanghaiist melaporkan pada Selasa (26/3/2024) kapal selam Fendoushe beserta awaknya mampu mengangkut manusia hingga 10.000 meter di bawah permukaan. Ekspedisi selam tersebut bertujuan untuk mempererat kerja sama ilmu kelautan antara Tiongkok dan Indonesia. dan mendukung upaya ekonomi biru dan pembangunan berkelanjutan di masa depan.

Pada upacara penyambutan kunjungan tersebut, Mr. Lu Kang, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Menyoroti berkembangnya kerja sama penelitian di bidang ilmu kelautan antara Tiongkok dan Indonesia. Ia menyatakan keinginannya agar kedua negara terus melakukan penelitian berkualitas tinggi yang mendukung ekonomi biru dan pembangunan berkelanjutan.

Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Hal ini menekankan pentingnya usaha patungan ini sebagai babak baru dalam kerja sama maritim kedua negara. Ia menyatakan harapannya untuk memperluas kerja sama ilmiah dan melatih ilmuwan dan insinyur masa depan di Indonesia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D