0 0
Read Time:1 Minute, 33 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) menyatakan pihaknya menawarkan dan mengimplementasikan platform bernama fintech.id sebagai sarana bagi masyarakat Indonesia untuk menemukan layanan financial technology (fintech) berlisensi. sesuai dengan aturan. Kami berharap platform ini dapat mencegah masyarakat terjerumus ke dalam metode pinjaman online (pinjol) ilegal.

“Kami memiliki website yang bisa Anda cek yaitu fintech.id, dimana seluruh layanan pinjaman online di website kami terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ada baiknya masyarakat menggunakan layanan dari platform yang sudah ada,” kata Ketua AFTECH Pandu Sjahrir di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2024).

Pandu mengatakan sektor fintech di Indonesia turut berkontribusi terhadap pesatnya pertumbuhan layanan keuangan digital bagi masyarakat.

Catatan AFTECH menunjukkan hingga Juni 2024, transaksi perbankan digital tercatat sebanyak 1,8 miliar kali, naik 30,5 persen dibandingkan tahun lalu.

Lalu, transaksi e-money mencapai 1,3 miliar transaksi, meningkat 22,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski mendapat hasil positif, Pandu mengatakan industri fintech Indonesia masih menghadapi tantangan berupa maraknya pinjaman online ilegal yang biasa digunakan untuk penipuan perjudian.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Ari Setiadi pun berkomentar, perjudian online dan pinjaman online ilegal saling berkaitan, artinya keduanya menipu masyarakat.

Oleh karena itu, Budi mengatakan seiring dengan rencana prioritas pemberantasan perjudian online, pihaknya juga turut serta dalam memberantas kebiasaan bermain game online.

“Ini juga menjadi inspirasi, selain sebagai dorongan untuk memberantas perjudian online juga menjadi dorongan bagi kita semua untuk mempersiapkan pinjaman online, kita berharap pinjaman online ini tidak digunakan untuk hal-hal yang negatif. , Perkembangan teknologi ini hendaknya kita manfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat, kata Budi.

Sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memajukan layanan keuangan digital yang bermanfaat bagi masyarakat, AFTECH juga memberikan kesempatan kepada masyarakat melalui fintech.id untuk membantu mengedukasi masyarakat tentang layanan fintech yang dapat dipercaya dan beroperasi sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D