0 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

dianrakyat.co.id, Batavia Kamis hingga Minggu Libur Panjang Sebagian masyarakat memanfaatkannya untuk liburan ke luar kota atau ke luar negeri. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan diri selama libur panjang akhir pekan ini agar terhindar dari pilek dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Menurut Profesor Tajandra Yoga Aditama, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, diare erat kaitannya dengan kebersihan diri. Oleh karena itu, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun setiap kali makan atau minum dan setelah buang air besar dan kecil.

Selain itu, masyarakat diingatkan untuk menjaga lingkungan hidup dunia dan jangan lupa segera menghubungi tenaga kesehatan terdekat jika muncul gejala dehidrasi, ujarnya.

Kemudian penyakit lain yang perlu diwaspadai saat liburan adalah demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD). Nyamuk Aedes aegypti pembawa penyakit demam berdarah berkembang biak di air bersih, sehingga kini lebih mungkin berkembang biak saat musim hujan. Kesuburan yang tinggi meningkatkan risiko penularan faktor demam.

Tajandar mengingatkan agar dilakukan pengecekan ketinggian air pada beberapa wadah yang sebelumnya tidak dapat menampung air, seperti tajuk, alang-alang yang berserakan, dan kanal-kanal rumah yang konstruksinya kurang baik. Lokasi ini memberikan peluang bagi operator untuk tertular kembali penyakit demam berdarah.

Tajandra juga diminta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai demam tifoid yang erat kaitannya dengan akses terhadap air bersih. Penyakit ini mudah menular melalui makanan dan minuman yang kurang diolah secara higienis.

Ya, hati-hati dan selalu jaga kebersihan selama liburan panjang ini, kata Tajandra mengutip ucapan Antar.

Selain itu, penyakit lain yang patut diwaspadai adalah leptospirosis. Disebabkan oleh bakteri Leptospira, penyakit ini menyebar melalui feses dan urin.

Tikus-tikus ini akan berpindah-pindah di sekitar orang yang mencampurkan kotoran dan urinnya dengan air banjir. Seseorang yang terluka bermain atau tenggelam di air banjir yang bercampur dengan kotoran tikus dan urin yang mengandung bakteri Lepstopira, sehingga berpotensi terinfeksi dan melemah.

Untuk mencegah penyakit leptospirosis, sebaiknya jaga kebersihan agar tidak ada hewan pengerat yang berkeliaran, hindari bermain air banjir, apalagi jika mengalami luka, dan kenakan alat pelindung diri seperti sepatu jika harus masuk ke kawasan banjir. .

Tajandra menyarankan siapa pun yang jatuh sakit dengan gejala mendadak seperti demam, sakit kepala, dan menggigil harus segera berobat ke pusat kesehatan.

ISPA didirikan

Terakhir, pertimbangkan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Volume ISPA akan meningkat pada hari libur dan musim hujan.

Minggu ini ada hari libur nasional mulai Kamis, 8 Februari, dan Hari Isra Miraj. Kemudian libur massal pada hari Jumat, dilanjutkan dengan Tahun Baru Imlek pada 10 Februari 2014, kemudian dilanjutkan pada hari Minggu.

Artinya, total ada empat hari libur dalam minggu ini. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D