0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Tinggi rendahnya kadar gula darah dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh makanan yang dimakan. Untuk itu, penting untuk menjaga pola makan dan memperhatikan jenis makanan yang Anda makan.

Perbanyak makan buah dan sayur bisa menjadi pilihan untuk menjaga kestabilan gula darah. Oleh karena itu, risiko diabetes juga berkurang. Rasa manis pada buah ini mampu membantu menurunkan gula darah sehingga tidak menimbulkan banyak kerusakan.

Jumat (6/6/2024) Daftar buah-buahan diketahui dari beberapa sumber yang mampu menjaga kadar darah.

Meski seringkali manis, menurut penelitian buah ini mampu menurunkan kadar gula darah! Jeruk mengandung glikemik rendah sehingga tidak terlalu mempengaruhi gula darah. Selain itu, mengandung senyawa yang disebut naringenin, polifenol yang memiliki sifat antidiabetik yang kuat. 

Buah mangga telah diteliti dapat menurunkan gula darah dan obesitas. Faktanya, daunnya terbukti bermanfaat dalam mengurangi diabetes dan menurunkan berat badan, tekanan darah, dan lemak darah.

Menurut penelitian, buah ini terbukti merupakan sumber lemak, serat, vitamin dan mineral yang baik sehingga dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi buah ini dapat mencegah berkembangnya sindrom metabolik seperti tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit. 

Apel mengandung quercetin, asam klorogenat, dan asam galat yang dapat membantu menurunkan gula darah dan mencegah diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa makan apel 30 menit sebelum makan nasi dapat menurunkan gula darah postprandial secara signifikan.

Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, blackberry dll sangat tinggi vitamin, serat, mineral dan antioksidan yang dapat mengontrol gula darah. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 2 cangkir (250 gram) raspberry merah secara signifikan menurunkan kadar insulin setelah mengonsumsi karbohidrat. 

Beberapa sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan kangkung juga baik untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

Minum air putih dapat membantu menjaga kadar gula darah pada tingkat yang sehat. Selain itu, minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal menghilangkan kelebihan gula melalui urin sekaligus mencegah dehidrasi.

Daun salam mengandung flavonoid yang mampu menurunkan kadar gula darah.

Mentimun dapat berperan dalam pengobatan dan pencegahan diabetes. Mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau mencegah peningkatan glukosa darah.

Bila Anda menderita diabetes, penting untuk menghindari atau mengurangi makanan yang menyebabkan gula darah naik. Ya, pisang bisa menaikkan atau menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D