0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

LONDON – Tebing laut tertinggi di Inggris menyimpan harta karun: fosil hutan tertua yang pernah ditemukan di Bumi. Hutan yang dihuni pohon palem bernama Calamophytons ini berusia 390 juta tahun.

Penemuan ini memecahkan rekor sebelumnya untuk hutan negara bagian New York yang usianya sekitar tiga atau empat juta tahun lebih muda.

Seperti dilansir Science Alert sebelumnya, Minggu (17/3/2024), permukaan batu pasir merah di barat daya Inggris tempat ditemukannya fosil ini diyakini “tidak memiliki jejak fosil”.

Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa situs ini memuat gambaran menarik tentang kehidupan pada periode Devonian. Pada saat itu, turunnya permukaan air laut menciptakan dua benua besar: Gondwana dan Euramerica.

Hewan dan tumbuhan primitif dengan cepat memanfaatkan lingkungan baru ini. Pohon-pohon pertama yang menghuni benua super ini berbeda dengan pohon-pohon yang kita kenal sekarang.

Awalnya, mereka tidak memiliki akar, daun, spora, biji, atau sistem pembuluh darah untuk mengangkut air dan nutrisi. Hal ini memaksa mereka untuk tinggal di dekat garis pantai dan sungai.

Pohon Calamophyton yang ditemukan di pantai Somerset dekat Minehead telah mengembangkan akar dan jaringan pembuluh darah di batangnya, tetapi tingginya hanya mencapai dua hingga empat meter, dengan batang tipis dan berlubang.

Fosil makhluk serupa sebelumnya telah ditemukan di Jerman, New York, dan China. Ketika benua super Gondwana ada, Jerman dan bagian Inggris ini terhubung, jadi wajar jika keduanya memiliki vegetasi yang sama.

Dr Christopher Berry, dari Universitas Cardiff, yang terlibat dalam penelitian ini, mengatakan: “Ketika saya pertama kali melihat gambar batang pohon, saya langsung tahu apa itu, berdasarkan 30 tahun mempelajari jenis pohon ini di seluruh dunia. dunia. Sungguh menakjubkan melihat mereka begitu dekat dengan rumah.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D