0 0
Read Time:6 Minute, 24 Second

dianrakyat.co.id, Hujan deras di Jakarta membuat Srini Maria Margaretha (63 tahun) tak bisa keluar rumahnya di Desa Senji, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Srini berpegangan payung merah menginjak tanah basah di taman. Sabtu sore itu (3 September 2024) Srini hendak mengecek pohon alpukat yang hendak dipanen.

Alpukat yang dipedulikan Srini sangat besar. Dia menunjukkan kepadaku sebuah alpukat seukuran kepala bayi. Buahnya berwarna hijau dan bulat sempurna. Srini mengatakan, alpukat berasal dari biji berkualitas tinggi dan ditanam secara organik.

Rumah Srini tidak terlalu besar. Namun dikelilingi oleh tanah Srini seluas sekitar 2.500 meter persegi. Ia menanam berbagai tanaman, mulai dari sayuran seperti sawi, kubis, seledri, tomat, paprika, rosemary, dan selada hingga buah-buahan seperti jeruk, srikaya, dan bit, yang semuanya ditanam secara organik.

Srini telah mempraktikkan pertanian organik selama hampir 14 tahun. Bukan hanya bagi dirinya sendiri namun bagi warga sekitar rumahnya. khususnya petani perempuan

Meski terlahir dari keluarga petani, Srini tidak pernah bermimpi menjadi seorang petani. Setelah lulus dari Jurusan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Thida Srini memutuskan untuk menjadi guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Muntilan. Ia juga bekerja sebagai guru bahasa Indonesia di Magelang.

Namun Srini merasa belum menemukan jati dirinya. Ia merasa kesulitan dalam mengajar, mempersiapkan ujian, dan menghadapi anak yang keras kepala. Dengan hanya tinggal tiga bulan lagi menjadi guru, Srini memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya, Desa Govoringin, Desa Senji, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

“Setelah punya pengalaman menjadi guru TK dan SMA. Kenapa kamu mau pulang dan mengurus tanah pemberian orang tuamu?” kata Srini.

Pada tahun 2010, Srini mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian. Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Tengah Wanita dan ketiga anaknya juga diajak belajar menanam sayuran organik di pusat pelatihan Organization for Industrial and Cultural Promotion (OISCA) di Kalanganyar, Jawa Tengah. Semua dilatih oleh petani sejati dengan pengalaman puluhan tahun. Sedangkan Srini tidak tahu apa-apa tentang pertanian.

“Mereka semua adalah petani yang sudah punya penghasilan. “Sejak saya petani jagung dan sayur, saya sudah punya pondasinya dari awal. Jadi saya bingung harus berbuat apa setelah itu,” kata Srini.

Dari pelatihan tersebut Srini memperoleh pengetahuan mulai dari teknik pertanian organik hingga potensi ekspor produk pertanian.

Oleh karena itu, Kementerian Pertanian merekomendasikan Srini untuk membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) yang nantinya dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pertanian dan pengelolaan sumber daya alam di pedesaan.

“Waktu itu saya belum tahu apa itu KWT, di sini tidak ada KWT,” kata Srini.

Srini sangat bersemangat berbagi ilmunya kepada ibu-ibu desa. Ia ingin perempuan berdaya dan berpengetahuan, bukan sekadar membantu suami.

Srini berupaya beralih dari bakti sosial ke bakti sosial mingguan untuk menarik minat perempuan di desa. Ia menjelaskan misinya untuk mengembangkan pertanian organik dan potensi ekspor yang dapat dihasilkannya. Terakhir, pada Juli 2010, Srini mendirikan KWT Merapi Asri bersama 28 perempuan lainnya.

Desa Sengi termasuk dalam Kawasan Berisiko Tinggi (KRB) Gunung Merapi II. Daerah tersebut dapat terkena dampak awan panas, aliran lahar, longsoran batu, longsoran salju, dan abu dahsyat saat terjadi letusan gunung berapi.

Pada tanggal 26 Oktober 2010, Gunung Merapi meletus. Sengi yang terletak di lereng Gunung Merapi menjadi desa yang terkena dampak paling parah. Seluruh kawasan pertanian lumpuh seketika.

“Pada tahun 2010, tidak ada apa pun yang bisa dilihat di sini. Tidak ada tanaman yang hidup. Jika petani ingin bangkit kembali dari awal,” kata Srini.

Dari sinilah tragedi Srini mulai berputar. Ia mengawalinya dengan membuka sekolah lapangan di Desa Sengi. Sekolah lapangan merupakan suatu metode pendidikan pertanian yang menekankan pembelajaran langsung di lapangan atau areal pertanian. Ini memberikan pelatihan langsung, pelatihan dan demonstrasi teknik pertanian langsung kepada petani di lokasi pertanian.

“Di Sekolah Lapangan saya berbagi cara membuat pupuk dan pestisida tanpa menggunakan bahan kimia alias organik. “Lebih ramah lingkungan dan sayurannya lebih sehat,” jelas Srini.

Saat itu, Srini memperkenalkan kacang komersial Perancis yang disebut juga baby bean. Bijinya kecil dan teksturnya lembut. Ukurannya juga lebih kecil dari kacang hijau yang sudah matang. Kacang hijau biasanya berwarna hijau cerah dan bentuknya memanjang.

Srini awalnya mencoba menanam kacang polong di lahan seluas 400 meter persegi, dengan biaya hingga Rp10.000 per kilogram. Srini mengirimkan 25 hingga 30 kilogram pertama hasil panennya ke Singapura melalui pemetik sayur. Setelah melihat hasilnya di Semarang, perempuan lain pun tertarik.

“Biasanya, jika saya ingin berlatih dengan seseorang, saya mencobanya terlebih dahulu. “Saya mencobanya terlebih dahulu. Akhirnya mama saya suruh saya menanamnya,” kata Srini.

KWT Merapi Asri bisa memanen 100 kilogram kacang per hari sekali panen. Harga kacang panjang pekarangan lebih mahal dibandingkan kacang biasa. Artinya, Srini dan perempuan-perempuan di desa itu mendapat banyak uang.

Selain kacang panjang, Srini punya waktu untuk menanam banyak sayuran bagus lainnya seperti peterseli, rosemary, dan bahkan bit. Peluang Ekspor Pengetahuan Pertanian Organik Perluasan komoditas ini dapat membantu pemulihan masyarakat Sengi dari dampak ledakan Merapi. Kehadiran KWT Merapi Asri membuat perempuan petani di Sengi bisa lebih mengembangkan produknya.

“Dulu mereka hanya menanam tanaman biasa saja, tanpa ilmu apa pun. Kalau punya ilmu, hasilnya bisa lebih. Misalnya dulu beratnya hanya beberapa kilogram. Sekarang bisa dua kali lipat,” pungkas Srini jalan.

Srini kini lebih fokus pada pasar lokal. Srini mencatat, pada tahun 2024, KWT Merapi Asri akan memiliki 12 anggota aktif yang kini mengembangkan usaha peternakannya secara mandiri.

“Anggota yang ikut saya sekarang sebagian besar adalah anak-anak. Ada juga yang menjadi penjual sayur,” kata Srini.

Selama beberapa tahun terakhir Lislini telah memilih untuk mengembangkan dan menanam varietas baru lengkeng kristal. Varietas ini dipilih karena mudah tumbuh dan waktu panennya dapat disesuaikan. Sejak tahun 2017, ia telah berhasil membina sekitar 40 petani kelengkeng, dan satu kilogram kelengkeng harganya mencapai Rp 40.000.

Srini menjual lebih dari sekedar kelengkeng segar. Namun mereka juga membuka paket untuk membantu produksi kelengkeng. Saat ini, tidak hanya warga desa dari berbagai pelosok desa yang datang ke Srini untuk belajar. Namun juga mencakup warga dari luar kota.

Meski Srini tak lagi menjadi guru sekolah, ia tetap mengajar para petani di Gunung Merapi. Srini mengungkapkan, menjual bibit tanaman kelengkeng segar membantunya meraup untung lebih dari R100 juta.

“Dulu hanya bersama KWT, sekarang orang dari luar kota datang ke sini,” kata Srini.

Srini membutuhkan banyak biaya untuk mengolah lahan pertaniannya, namun ia tidak terlalu khawatir. Sejak memutuskan bertani, Srini mendapat dukungan dana dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Sebelum memulai KWT, saya sudah mengajukan permohonan pendanaan ke BRI,” kata Srini.

Pada tahun 2013, Srini dengan berani mengajukan pinjaman modal sebesar Rp 100 juta dan menggunakan dana tersebut untuk membeli bibit, pupuk, lahan tanam dan operasional lainnya. Anggota KWT Merapi Asri dapat lebih mudah mengajukan pinjaman melalui Srini.

“Ada sekitar 10 anggota yang mendaftar KUR saat itu, semuanya saya kelola. Semuanya mendapat kompensasi,” kata Srini.

Srini mengatakan, pengajuan dana Belt and Road tidak perlu melalui proses yang rumit dan panjang, dan ia yakin pengajuan pinjaman selalu mudah.

Selain di ibu kota, sejak tahun 2021 Srini juga diikutsertakan dalam pameran atau fair yang diselenggarakan oleh Belt and Road Initiative. Srini mampu membangun jaringan yang lebih luas.

Danny Latemoko, kepala Inisiatif Sabuk dan Jalan cabang Montylan, mengatakan Inisiatif Sabuk dan Jalan telah memudahkan masyarakat memperoleh modal usaha. Di bidang pertanian, Belt and Road Initiative juga memberikan perlakuan khusus kepada petani.

“Lebih khusus lagi untuk pertanian. Karena selain memahami apa yang ditanam petani, kita juga perlu memahami siklus usaha mereka,” kata Danny saat ditemui di BRI Cabang Montyland, Jumat (15 Maret 2014).

Oleh karena itu, Danny menjelaskan BRI juga memberikan pinjaman musiman kepada petani, dan dalam konteks ini petani memiliki kemampuan untuk mencicil berdasarkan pola pendapatan yang tidak teratur.

“Jadi kami menggabungkan dunia usaha, ilmu pertanian dan bersama-sama memperoleh akses permodalan guna meningkatkan taraf hidup mereka,” tambah Danny.

Dalam proses ini, Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative) berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Memfasilitasi akses terhadap jasa permodalan dan keuangan serta mendukung pengembangan industri pertanian mereka.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D