0 0
Read Time:2 Minute, 38 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya dengan video pendek. 

Mengutip Engadget, perusahaan mengumumkan pada Minggu (31/3/2024) bahwa lebih dari seperempat pembuat Program Mitra YouTube kini memperoleh penghasilan dari video pendek.

Pencapaian ini terjadi sekitar setahun setelah YouTube mulai membagi pendapatan iklan dengan pembuat konten Shorts.

YouTube mengatakan saat ini mereka memiliki lebih dari 3 juta pembuat konten di seluruh dunia dalam program afiliasinya.

Berkat program afiliasi ini, jumlah penghasilan pembuat YouTube Shorts di platform ini mencapai ratusan ribu.

Karena iklan di Shorts muncul di antara klip di feed, struktur bagi hasil untuk Shorts berbeda dengan konten berdurasi lebih panjang di YouTube.

Pendapatan iklan dikumpulkan dan didistribusikan di antara pembuat konten yang memenuhi syarat berdasarkan faktor-faktor seperti penayangan dan lisensi musik yang digunakan dalam video.

Perusahaan Google ini beralasan aturan yang diterapkan jauh lebih menguntungkan kreator dibandingkan dana kreator di TikTok.

Namun belum jelas berapa penghasilan pembuat konten dari Shorts.

YouTube menolak memberikan rincian, namun mengatakan pihaknya telah membayar pembuat konten sebesar $70 miliar selama tiga tahun terakhir.

Sementara itu, TikTok yang saat ini berusaha bersaing dengan YouTube menghadapi kemungkinan besar aplikasinya akan dilarang di Amerika Serikat.

Dengan adanya program monetisasi, YouTube akan menarik lebih banyak kreator untuk membuat video di platformnya.

YouTube akan memperkenalkan kebijakan baru untuk video yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat konten.

Mulai sekarang, platform berbagi video Google akan mengharuskan pembuat konten yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat video agar menyertakan pintasan tambahan. 

Tag ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa kecerdasan buatan digunakan dalam proses pembuatan video. Selain itu, pelabelan juga bertujuan untuk menjamin transparansi setiap konten yang diunggah. 

YouTube mengklaim konten yang dihasilkan AI dapat dengan mudah dipahami oleh sebagian pengguna saat menyampaikan informasi tentang suatu peristiwa, tempat, atau peristiwa tertentu, seperti dikutip Engadget.

Selanjutnya, jika pembuat konten membuat tiruan suara orang sungguhan untuk menarasikan video, atau mengganti wajah seseorang dengan wajah orang lain, maka pembuat konten wajib memberikan label pada saat mengunggah.

YouTube mengungkapkan bahwa mereka juga akan menandai video jika pembuatnya belum menandai video AI yang diunggah ke platform.

Tag akan diluncurkan di seluruh platform YouTube dalam beberapa minggu mendatang, dimulai dengan aplikasi seluler, termasuk desktop dan TV.

Contoh pelabelan tersebut adalah “konten yang diubah atau sintetis” atau “suara atau gambar telah diubah secara substansial atau dihasilkan secara digital”.

Video yang mengandung elemen terkait topik sensitif, seperti berita politik, medis, ekonomi, dan lainnya, otomatis ditandai oleh YouTube secara langsung agar pemirsa dapat melihatnya lebih lanjut.

Tim YouTube memberikan waktu kepada pembuat konten untuk membiasakan diri dengan kebijakan baru ini.

Berikutnya, YouTube juga akan memberikan peringatan kepada kreator yang terus-menerus melanggar kebijakan dengan tidak menandai video yang dibuat dengan kecerdasan buatan.

Meskipun aturan tersebut menargetkan pembuat konten yang menggunakan AI untuk membuat konten, YouTube mengatakan ada beberapa pengecualian. 

Misalnya, pembuat konten tidak perlu menunjukkan apakah AI hanya digunakan untuk membantu pembuatan skrip, memberikan ide video, atau menghasilkan teks secara otomatis.

Selain itu, tidak perlu menandai video yang tidak realistis, jika tidak, perubahan yang ditambahkan oleh AI tidak akan terlalu penting.

Selain itu, kreator tidak wajib memberikan label jika penggunaan kecerdasan buatan pada video yang diunggah hanya mengatur komposisi warna, penggunaan efek khusus, pencahayaan, filter atau parameter lainnya.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D