0 0
Read Time:3 Minute, 20 Second

dianrakyat.co.id – Shin Tae-yong kini memasuki masa akhir kontraknya bersama Timnas Indonesia. Kontrak pelatih asal Korea Selatan itu akan berakhir pada Juni 2024, setelah ia mendapat perpanjangan kontrak enam bulan dari PSSI pada tahun lalu.

Kini syarat utama PSSI untuk perpanjangan pengalaman kerja sudah di depan mata. Shin Tae-yong didaulat memimpin Timnas U-23 Indonesia melaju ke babak perempat final Piala Asia U-23 yang digelar di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Shin Tae-yong didatangkan ke PSSI di bawah asuhan Mochamad Iriawan pada akhir Desember 2019. Saat itu, namanya menjadi yang pertama setelah membawa Korea Selatan tampil impresif di Piala Dunia 2018.

Perlahan tapi pasti, Shin Tae-yong kini mulai mendapat kepercayaan dari para pecinta sepak bola tanah air. Hal ini diyakini dapat mengubah teknik permainan, meningkatkan daya tahan dan kepercayaan diri para pemain.

Meski belum meraih gelar juara, tim Garuda terdorong naik peringkat FIFA lebih tinggi. Saat ini Indonesia berada di peringkat 134.

Menurut Transfermrkt, Shin Tae-yong saat ini sudah memainkan 45 pertandingan bersama timnas Indonesia di level senior.

Laga resmi pertama yang ia lakoni bersama timnas Indonesia adalah hasil imbang 2-2 melawan Thailand pada laga kualifikasi Piala Dunia 2020 pada 3 Juni 2021.

Nah, masih ingatkah para pecinta sepak bola nasional, pemusatan latihan pertama timnas Indonesia yang digelar Shin Tae-yong? Berdasarkan laman resmi PSSI, TC pertama Shin Tae-yong adalah bersama Timnas Indonesia, yakni pada 13 hingga 23 Februari 2020.

TC ini sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang melawan Thailand (26/3) dan Uni Emirat Arab (31/3). Namun ketiga duel tersebut ditunda karena COVID-19, dan duel tersebut baru bisa digelar setahun kemudian.

TC ini juga merupakan kali pertama pelatih asal Korea Selatan berhadapan langsung dengan timnas senior Indonesia, demikian bunyi laman resmi PSSI.

Dalam TC, SHin Tae-yong memanggil nama-nama pemain muda yang pernah diundang untuk mengikuti TC senior Indonesia. 

Nama-nama pemain muda yang disebutkan adalah Andy Setyo, Nadeo Argawinata, Adi Satrio M Riyandi, Alfreanda Dewangga dan Pratama Arhan, Irfanjauhari, Rizky Eka, Firza Andika, Asnawi, Rachmat Irianto, M Rafli dan Sani Rizky.

Selain itu, tercantum pula nama-nama pemain senior yang menjadi langganan Timnas Indonesia sebelum dilatih Shin Tae-yong, seperti Andritany, Hansamu Yama, Fachruddin, Hendro Siswanto, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, dan Irfan Bachdim.

Lalu ada nama Yanto Basna, Ilija Spasojević, Lerby Eliandri, dan Muhammad Tahir yang belakangan menjadi sorotan netizen karena komentarnya soal pemain natural.

Ia sebelumnya mengatakan, timnas Indonesia tidak terlalu membutuhkan naturalisasi. Ia pun menilai kualitas pemain 11-12 domestik dari para pemain lawas.

“Sekarang banyak banget naturalisasi sih. Bukannya tidak sehat, cuma sayang kalau kita ada kompetisi di dalam negeri, apa gunanya Tahir di channel YouTube Talking Football?”

“Kami hanya kalah karena mereka bermain di luar negeri, kami bermain di kandang sendiri. Itu saja kami kalah, kalau kualitas kami 11-12 dengan mereka. Kami tidak terpaut jauh.”

“Coba saja kalau PSSI mau melakukan uji coba antara pemain lokal dengan pemain naturalisasi, saya yakin bisa menang untuk lambang dada Garuda,” lanjutnya.

Inilah daftar 34 pemain teratas TC timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong

GK Andritany Ardhiyasa, Persia Nadeo Arga Winata, Bali United M. Riyandi, Barito Putera Adi Satrio, PSMS

DF Yanto Basna, PT Prachuap FC Ricky Fajrin, Bali United Andy Setyo, Tira Persikabo Fachruddin, Madura United Alfreanda Dewangga, PSIS Hansamu Yama, Persebaya Bagas Adi Nugroho, Arema FC Asnawi Mangkualam, PSM Putu Gede Juniantara, FK Gavin, Bhavin PSM

MF Rachmat Irianto, Persebaya TM Ichsan, Bhayangkara FC Bayu Pradana, Barito Putera M. Tahir, Persipura Septian David, PSIS Sani Rizky, Bhayangkara FC Rizky Pora, Barito Putera Hendro Siswanto, Arema FC Stefano Lilipaly, Bali Pram PS, Bali Pram PS United Febri Hariyadi, Persib Rizky Eka, PSM Saddil Ramdani, Bhayangkara FC  Osvaldo Haay, Persia 

ST M. Rafli, Arema FC Ilija Spasojević, Bali United Lerby Eliandri, Bali United Irfanjauhari, Bali United

  Laga Timnas Indonesia Vs Australia: Tim Garuda Kalahkan Socceroos Sekaligus Timnas Indonesia Berharap Bisa Kalahkan Australia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Karena dianrakyat.co.id.co.id Head-to-Head, Tim Garuda Tak Begitu Buruk Sep 9, 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D