0 0
Read Time:2 Minute, 21 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Bakwan sebenarnya merupakan salah satu gorengan yang disantap oleh satu juta orang di Indonesia. Dengan tekstur yang renyah dan isian yang kental, bakwan memiliki keunikan dibandingkan gorengan lainnya.

Umumnya masyarakat lebih memilih membeli bakwan di tempat pemanggangan atau restoran dibandingkan memasaknya sendiri di rumah. Selain lebih renyah dan lezat, sebagian orang menganggap pembuatan bakwan goreng tidak mudah.

Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Salah satu netizen Instagram @martillahika membagikan cara menggoreng bakwan yang renyah dan tahan lebih lama meski dingin.

Sebenarnya tidak menggunakan baking soda. Jadi bahan apa yang dia gunakan? Temukan jawabannya pada rangkuman pembahasan Selasa (06/08/2024) di bawah ini.

 

Pertama, siapkan bahan-bahan dapur mulai dari enam siung bawang putih, lima siung bawang merah, satu sendok teh ketumbar, dan empat butir kemiri.

Karena jumlahnya tidak banyak, bumbunya bisa dihaluskan agar lebih nikmat.

Sayuran yang digunakan untuk mengisi bakwan ini sebenarnya gratis dan bisa Anda buat sendiri. Namun pada tutorial kali ini sayuran yang digunakan adalah wortel, tauge, kubis, seledri, dan daun bawang. – Potong semua sayuran menjadi potongan kecil dan sisihkan.

Tambahkan tepung beras ke dalam adonan agar bakwan tetap renyah dalam waktu lama. Bahan-bahan lengkap untuk adonannya adalah sebagai berikut:

●    250 gram tepung terigu kaya protein.

●    50 gram tepung beras.

●    50 gram tepung maizena.

●    ¾ sendok teh garam, 1 sendok teh kaldu jamur, ½ sendok teh kaldu ayam bubuk.

●    300ml air.

Campurkan semua bahan dalam mangkuk besar bersama bumbu dan sayuran halus, lalu aduk hingga tercampur rata.

Untuk menggoreng bakwan, panaskan minyak secukupnya di wajan. Sendokkan adonan kue hingga memenuhi loyang, biasanya sekitar 4-5 sendok makan.

Jangan lupa membalik bakwan saat menggoreng. Goreng bakwan hingga berwarna keemasan, lalu tiriskan dan sajikan di piring. Ulangi langkah ini sampai semua adonan habis. Dengan begini, bakwannya dijamin tetap renyah meski sudah didinginkan.

Untuk menghasilkan tekstur yang renyah pada bakwan diperlukan jenis tepung yang tepat. Setidaknya perlu menggunakan tiga jenis tepung yaitu terigu, tepung maizena, dan sagu.

Saat membuat bakwan, penggunaan tepung terigu akan memberikan kelembutan pada bagian dalamnya, sedangkan tepung beras akan menghasilkan tekstur yang renyah. Sambil menguleni adonan, tambahkan 75 ml air dalam tiga tahap.

Biasanya bakwan mengacu pada jajanan goreng berbahan dasar sayuran yang sering dijajakan oleh pedagang kaki lima. Campuran bahan utama antara lain buncis, irisan kol atau wortel yang dimasukkan ke dalam campuran tepung terigu sebelum digoreng dengan minyak yang banyak.

Salah satu penyebab utama perkedel jagung menjadi alot adalah karena pemilihan jagung yang tidak tepat. Pastikan Anda memilih jagung manis yang benar-benar segar. Jagung yang terlalu matang biasanya memiliki tekstur yang keras.

Sebagai perbandingan, gunakan tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 3:1. Misal punya 3 sendok makan tepung terigu, cukup tambahkan 1 sendok makan tepung beras. Karena kelebihan tepung, makanan yang digoreng akan cepat menjadi empuk.

Sebaliknya, penggunaan tepung beras akan menghasilkan tekstur bakwan yang lebih renyah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D