0 0
Read Time:4 Minute, 13 Second

JAKARTA – Tiongkok memiliki 1,09 miliar pengguna internet pada Desember 2023, meningkat 24,8 juta dari jumlah pada Desember 2022, menjadikan penetrasi internet mencapai 77,5%, menurut laporan baru yang diterbitkan China Internet Network Information Center (CNNIC). Statistik dari Laporan Statistik Pembangunan Internet Tiongkok ke-53 yang diterbitkan oleh CNNIC menunjukkan bahwa Internet telah memainkan peran penting dalam mendorong industrialisasi baru, mengembangkan kekuatan produktif baru yang berkualitas, dan mendukung pembangunan ekonomi dan sosial, serta pemulihan ekonomi Tiongkok secara keseluruhan dan reformasi menjadi kuat.

Sebagai salah satu terobosan teknologi digital terpenting pada tahun 2023, kecerdasan buatan generatif (AI) telah terintegrasi secara mendalam ke dalam ekonomi riil, kata Liu Yulin, direktur Pusat Informasi Jaringan Internet Tiongkok, kepada Global Times. Jumlah perusahaan AI di Tiongkok telah melampaui 4.400 perusahaan. Dengan gencarnya promosi kecerdasan buatan dan teknologi digital lainnya, peralihan ekonomi riil menuju digitalisasi, kecerdasan, dan penghijauan terus dipercepat untuk memberdayakan pembangunan ekonomi dan sosial.

Baca Juga: Kakek Ini Menangkan Lotere Rp 27,9 Triliun, Tetangganya Takut

Menurut laporan tersebut, semakin banyak orang yang merasakan manfaat dari pertumbuhan Internet karena semakin mudahnya mengakses. Pada tahun 2023, Tiongkok akan terus mempercepat pemasyarakatan layanan informasi dan mempersempit kesenjangan digital, sehingga semakin mengurangi kesenjangan antara Internet di perkotaan dan pedesaan.

Pada bulan Desember 2023, penetrasi internet di pedesaan meningkat sebesar 4,6 poin persentase menjadi 66,5 persen dibandingkan bulan Desember 2022. Jumlah pengguna internet di pedesaan meningkat 17,88 juta menjadi 326 juta dibandingkan Desember 2022. Selain itu, aplikasi visualisasi terus berkembang. Pembangunan infrastruktur jaringan di pedesaan.

Sementara itu, kesenjangan digital antar kelompok akan semakin menyempit pada tahun 2023, dengan semakin terjaminnya akses terhadap kehidupan digital bagi lansia dan penyandang disabilitas. Menurut laporan tersebut, 2.577 situs web dan aplikasi yang biasa digunakan oleh lansia dan penyandang disabilitas telah menyelesaikan peningkatan yang ramah usia dan tidak merepotkan, dengan lebih dari 140 juta ponsel pintar dan smart TV telah diperbarui agar ramah lansia.

Penerapan layanan publik di bidang transportasi dan layanan kesehatan mempercepat cakupan. Skala pengguna layanan transportasi online dan rumah sakit internet meningkat dari angka Desember 2022 menjadi 90,57 juta dan 51,39 juta atau meningkat masing-masing sebesar 20,7 persen dan 14,2 persen. Zhang Xiao, wakil direktur Pusat Informasi Jaringan Internet China, mengatakan bahwa pada tahun 2023 permintaan pengguna Internet untuk transportasi dan perjalanan akan hilang sama sekali, dengan jumlah pengguna layanan pemesanan mobil dan perjalanan online meningkat sebesar 80 juta dibandingkan tahun 2022.

Sistem Pertukaran Informasi Peraturan Pemesanan Mobil Online menerima lebih dari 9 miliar pesan pemesanan sepanjang tahun, naik 30,8% dibandingkan tahun lalu. Indikator seperti jumlah pengunjung dan penerimaan pariwisata selama hari libur besar melebihi angka pada periode yang sama tahun 2019. Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa pertumbuhan aplikasi Internet memungkinkan konsumsi yang lebih besar dan pertumbuhan ekonomi digital, sehingga membantu mendorong pemulihan ekonomi. Tiongkok

Menurut Li Mingtao, kepala pakar e-commerce di China International E-Commerce Center, jumlah pengguna belanja online di Tiongkok akan mencapai 915 juta pada Desember 2023, meningkat 69,67 juta dari Desember 2022, atau meningkat sebesar 8,2 persen. . . Hal ini menjadikan penjualan ritel online domestik mencapai 15,4 triliun yuan ($2,13 triliun) pada tahun 2023, berkontribusi terhadap penjualan ritel online terdepan selama 11 tahun berturut-turut di dunia. Menurut Li, e-commerce lintas batas Tiongkok akan mempertahankan pertumbuhan pesat pada tahun 2023, menjadi mesin baru yang penting bagi perdagangan luar negeri. Total volume impor dan ekspor e-commerce lintas batas mencapai 2,38 triliun yuan sepanjang tahun ini, meningkat sebesar 15,6 persen.

Baca Juga: 5 Negara Asia Dengan Tentara Elit Paling Ditakuti

Laporan tersebut menunjukkan bahwa konsumsi rekreasi dan pariwisata, yang ditandai dengan pengalaman mendalam dan budaya, telah mengalami pemulihan yang cepat. Pada Desember 2023, jumlah pengguna pemesanan perjalanan online mencapai 509 juta, meningkat 86,29 juta dari Desember 2022, mewakili tingkat pertumbuhan sebesar 20,4 persen.

Produk fashion rumahan terus menjadi bagian penting dari konsumsi belanja online masyarakat. Dalam enam bulan terakhir, 58,3% pengguna internet telah membeli produk trendi ini secara online. Lingkungan video online Tiongkok juga terus membaik, dengan penawaran konten yang terus berkembang.

Pada bulan Desember 2023, jumlah pengguna video online di Tiongkok akan mencapai 1,06 miliar, atau mencakup 97,7 persen dari seluruh pengguna Internet, kata Zhu Jie, wakil sekretaris jenderal Asosiasi Layanan Penyiaran Tiongkok, pada hari Jumat. Dari 24,8 juta pengguna Internet baru, 37,8% menggunakan aplikasi video online saat pertama kali menggunakan Internet, yang mana 21,7 poin persentase lebih tinggi dibandingkan pesan instan di posisi kedua (16,1%).

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur digital Tiongkok akan semakin meningkat pada tahun 2023, dengan jumlah alamat IPv6 mencapai 68.042 blok/32 dan jumlah nama domain “.cn” yang terdaftar meningkat menjadi 20,13 juta pada bulan Desember 2023.

Terkait Internet of Things (IoT), terdapat 3,37 juta BTS 5G terpasang pada Desember 2023 dan 2,33 miliar pengguna terminal seluler IoT pada Desember 2023. Dibandingkan Desember 2022, jumlah pengguna terminal seluler IoT meningkat 488 juta. Jaringan komunikasi seluler berkualitas tinggi telah mendorong inovasi dan pertumbuhan di berbagai bidang seperti manufaktur pintar, kota pintar, revitalisasi pedesaan, dan pariwisata budaya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D