0 0
Read Time:2 Minute, 58 Second

JAKARTA – Inilah 15 keuntungan mendaftar CPNS 2024. Masa depan yang terjamin bukan satu-satunya keuntungan menjadi PNS. Tidak salah jika kita menganggap pegawai negeri sipil merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari di Indonesia.

Setidaknya jika melihat keistimewaan masyarakat yang tergolong PNS di Indonesia saat ini. Apa saja keuntungan mendaftar CPNS 2024? Jika Anda ingin membicarakannya, artikel ini akan mengupasnya, check it out!

15 Keuntungan Mendaftar CPNS 2024

1. Gaji tetap

Saat mendaftar CPNS tentunya harus mendaftar dan memilih formasi di sscasn.bkn.go.id. Pada formasi yang Anda pilih, akan terdapat rincian gaji yang akan Anda terima. Gaji ini stabil, bahkan bisa meningkat setiap tahunnya.

2. Kompensasi yang tinggi

Tunjangan CPNS meliputi tunjangan pekerjaan, tunjangan dan tunjangan keluarga. Ada banyak sekali bonus yang tersedia sehingga Anda bisa menabung atau menabung.

3. Dapatkan pensiun

Seluruh CPNS dan PNS berhak mendapatkan pensiun. Jaminan hari tua menjadi salah satu alasan utama masyarakat memilih PNS sebagai pekerjaan impiannya.

4. Terima gaji ke-13

Keuntungan lain mendaftar CPNS 2024 misalnya gaji ketigabelas. Gaji ke-13 ini merupakan bentuk pengakuan yang diberikan pemerintah kepada aparatur sipil negara (ASN) yang telah menunjukkan kiprahnya untuk negara. Nominalnya satu kali gaji bulanan.

5. Jenjang karir jelas

Semua PNS mempunyai kesempatan untuk berkembang dalam pekerjaannya. Padahal, pekerjaan ini bisa berkembang tidak hanya sesuai dengan usia Anda, tetapi juga sesuai dengan prestasi yang tercatat di instansi Anda.

6. Bisa mendapatkan mobil atau rumah dinas

Beberapa PNS yang mempunyai fungsi yang sama sebagai kepala dinas, seksi, sekretaris, dan jabatan pimpinan seringkali diberikan kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Pekerja yang bekerja di perkotaan juga sering diberikan perlengkapan sepeda motor sebagai insentif bekerja. Sedangkan untuk rumah tangga hanya diperuntukkan bagi sekelompok PNS.

7. Mengajukan pinjaman bank itu mudah

Ada banyak program yang memudahkan pegawai pemerintah mendapatkan pinjaman dari bank. Salah satunya adalah KPR (Crédit Homme Ownership). Bahkan proses pendaftaran dan peminjaman oleh petugas bisa dikatakan lebih lancar.

8. Dapatkan asuransi kesehatan

Setiap PNS berhak mendapatkan jaminan sosial atau BPJS Kesehatan.

9. Anda dapat mengajukan beasiswa khusus untuk PNS

Pemerintah membuka banyak beasiswa bagi PNS. Misalnya Beasiswa Indonesia Pendidikan (BPI), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), serta beasiswa yang dibuka oleh Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), BKN (Badan Pemerintah) yang diperuntukkan bagi PNS.

10. Anda dapat mempelajari gelar master atau doktoral bahkan sambil bekerja

CPNS dapat mengejar gelar master atau doktor tanpa harus keluar atau keluar dari pekerjaannya. Tentu saja mereka yang melanjutkan studi akan tetap bekerja sebagai PNS dan tetap mendapat gaji. Mereka yang telah menyelesaikan studi magister dan doktoral bisa mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan gajinya.

11. Boleh pindah instansi atau tempat kerja

Setiap instansi memiliki persyaratan berbeda dalam mutasi pegawai negeri. Umumnya, dibutuhkan setidaknya 10 tahun sebelum Anda dapat berpindah tempat kerja.

12. Jam kerja yang panjang

Jam kerja ASN di pemerintah daerah (Pemda) seperti pemerintah kota, pemerintah, provinsi memiliki jam kerja yang stabil setiap harinya. Misalnya pada pukul 07:30 hingga 16:00 WIB. Inilah salah satu keuntungan mendaftar CPNS 2024.

13. Hak untuk mengambil cuti dua hari setiap akhir pekan dan cuti

Berbeda dengan pegawai perusahaan swasta yang masuk kerja setiap hari Sabtu dan Minggu, PNS lah yang merayakannya. Beberapa PNS mungkin datang pada hari Sabtu atau Minggu. Namun ada syaratnya atau tidak setiap hari Sabtu dan Minggu.

Misalnya Satpol PP, Dishub yang mengawal bupati, wali kota, bahkan gubernur. Hak cuti lebih fleksibel dan lama cuti bisa lebih dari tiga hari atau minimal lima hari.

14. Banyak pelatihan

Beberapa instansi seperti kementerian dan daerah terkadang membuka workshop atau pelatihan keterampilan bagi CPNS.

15. Adanya kompetisi keterampilan

Banyak kementerian yang menyelenggarakan tender pegawai negeri. Tujuannya, selain untuk menunjukkan keahlian atau kemampuan masing-masing PNS, juga untuk mengenal PNS itu sendiri.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D