0 0
Read Time:2 Minute, 51 Second

dianrakyat.co.id – Penyelenggaraan PON 2024 dipastikan terlaksana sesuai jadwal pemilihan pimpinan daerah (Pilkada) serentak di 514 daerah, kota, dan 38 provinsi, termasuk Provinsi Aceh dan Sumatera Utara yang menjadi tuan rumah PON kali ini.

Komisi 

“Pemerintah harus memastikan mengeluarkan Perpres atau Perpres yang mendukung penyelenggaraan PON 2024. Pusat dan daerah harus berkoordinasi terutama dalam hal penyediaan anggaran dan pengamanan jadwal,” kata Wakil Ketua KPU tersebut. X DPR RI. , Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi.

PON XXI atau PON Aceh-Sumut 2024 rencananya akan berlangsung pada 8 hingga 20 September 2024. Sementara itu, Pilkada 2024 akan digelar pada 27 November 2024 yang berarti hanya berselang sebulan setelahnya. tanggal 21: PON.

Dede menilai perlu adanya kepastian regulasi yang mendukung anggaran PON 2024 karena menyangkut teknis persiapan dan pelaksanaan. Seperti pembangunan center 26 cabang olahraga di kawasan sport center, khususnya pembangunan stadion induk.

Sebelumnya kami menerima kunjungan DPRD Aceh dan memberikan catatan, di antaranya belum ada kepastian anggaran dan kesiapan pusat PON 2024 di Aceh, kata Dede. 

Kemudian juga perlu dilakukan kajian ulang terhadap penyelenggaraan PON mengingat pada tahun 2024 akan terjadi peralihan kepemimpinan nasional dan daerah karena adanya rencana pemindahan pilkada langsung pada Oktober ke September, lanjutnya.

Kata Dede kepada komisi 

“Jadi kemungkinan pasti ada kendala dalam penguatan acara ini. Oleh karena itu, perlu diambil solusi apa yang harus dilakukan pemerintah terkait permasalahan ini,” jelas Dede.

Anggota DPR dari Partai Demokrat dari daerah pemilihan Jawa Barat II ini mengatakan, hasil pilkada, pemimpin daerah yang aktif tidak memiliki kewenangan sekuat gubernur dan bupati/wali kota. Dede juga memperkirakan sebagian besar alokasi anggaran juga akan digunakan untuk menyelenggarakan Pilkada Serentak.

Anggaran Pemerintah Aceh dan Pemda Sumut pasti sangat berat jika perlu membangun infrastruktur PON, jelasnya.

Padahal tuan rumah membutuhkan anggaran di kisaran Rp 2-3 triliun untuk menyediakan sarana dan prasarana PON 2024. Beban anggarannya sangat besar.

Pasti akan membebani provinsi yang akan mengirimkan kontingen ke PON karena kontribusinya ke KONI daerah pasti berkurang signifikan, ujarnya.

Dede pun meyakini para atlet akan dipenuhi ketidakpastian. Karena praktiknya, mereka memerlukan anggaran.

Akibatnya target dan jadwal latihan daerah juga tidak menentu, kata Dede.

Agar tidak terjadi persiapan yang kurang pada PON 2024, maka panitia, kata Dede, akan memaksimalkan persiapannya.

“Salah satu opsinya, dari beberapa masukan, adalah usulan agar PON dilaksanakan awal tahun 2025. Tapi namanya tetap PON Aceh-Sumut 2024. Itu masukan,” ujarnya.

Hal itu terjadi saat PON 2020 di Papua, yang semula PON dijadwalkan digelar pada Oktober 2020. Namun karena pandemi Covid-19, pesta olahraga nasional empat tahunan itu digelar pada Oktober 2021. Namun namanya tetap ada. PON 2020 Papua.

Dede meminta pemerintah segera bertindak tegas dan membuat peraturan, terutama terkait waktu penyelenggaraan PON 202. Dengan begitu, kejelasan seputar PON 2024 bisa lebih maksimal.

Keputusan ini sangat mendesak karena banyak hal yang diharapkan, terutama dari tuan rumah, tegas Dede.

Dalam petunjuk teknis (Bimtek) kepada komisi, Dede mengingatkan agar perencanaan dilakukan secara matang agar pusat tersebut tetap bisa digunakan setelah selesainya PON.

Selain itu, Kemenpora juga tengah membahas cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON 2024. Kemenpora fokus pada olahraga yang mempunyai potensi di masa depan. 

“Pastikan PON ke-21 ini tidak terhalang oleh Pilkada atau hal lainnya,” pungkas Plt Bupati Tangerang Dede yang melepas atlet menembak Kabupaten Tangerang ke ajang PON 2024 Plt (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony dan melepas sebanyak 3 kali penembakan. atlet asal Kabupaten Tangerang yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional XXI (PON) dianrakyat.co.id.co.id 8 September 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D