0 0
Read Time:1 Minute, 44 Second

JAKARTA – Samurai identik dengan Jepang kuno, namun rupanya ada samurai berkulit hitam yang berasal dari Afrika.

Laporan awal waktu, Jumat (29/3/2024). Kisah seorang samurai yang tidak biasa dari Afrika mencerminkan sejarah warisan budaya Jepang. Status samurai seringkali sama dengan pemimpin pada masanya.

Misalnya, ada orang non-Jepang yang menjadi samurai seperti pelaut Inggris William Adams (1564-1620) yang datang ke Jepang pada tahun 1600-an dan mampu naik pangkat hingga akhirnya menjadi seorang samurai.

Khusus untuk samurai asal Afrika, ceritanya bermula ketika seorang samurai muda berkulit hitam diangkat oleh daimyo Jepang Oda Nobunaga (1534-1582) setelah menjadi pengawalnya. Yasuke dibawa ke Jepang oleh misionaris Jesuit pada tahun 1579 dan mendapat perhatian serta minat masyarakat Jepang.

Munculnya Yasuke sebagai seorang samurai

Asal usul Yasuke diselimuti misteri. Saat ini, belum diketahui secara pasti apakah tanggal lahirnya adalah tahun 1555 atau 1566. Beberapa sejarawan juga tidak yakin dengan asal usul namanya, meskipun mungkin aslinya adalah nama Jepang.

Menurut salah satu sumber, Yasuke mungkin adalah anggota Makua dari Mozambik. Ada juga laporan bahwa dia berasal dari Angola atau Ethiopia serta cerita tentang budak Eropa yang lahir di Portugal.

Kisah Yasuke pertama kali muncul pada tahun 1579 sebagai pelayan pendeta Jesuit Alessandro Valignano, yang datang ke Jepang untuk mengunjungi misi yang didirikan di sana. Di sini Yasuke bisa bekerja sebagai budak.

Kulit Yasuke yang tebal dan gelap memiliki keindahan tersendiri. Penampilannya membuat kagum penduduk asli Jepang dan banyak yang datang menemuinya di gereja yang dibangun oleh para Yesuit di Kyoto. Karena ketegangan tersebut, Daimyo Nobunaga harus bertemu dengan Yasuke.

Nobunaga meminta Yasuke untuk menggosok kulitnya karena untuk pertama kalinya dia merasakan kulitnya dipenuhi tinta. Namun, Nobunaga terkesan dengan perawakan YĆ«suke. Tinggi badannya tercatat 1,82 meter hingga 1,96 meter. Namun, rata-rata pria Jepang pada saat itu tingginya sekitar 5 kaki 1,52 meter.

Nobunaga kemudian memperlakukan Yasuke dengan pengawal dan pengawalnya. Yasuke akhirnya diangkat menjadi samurai pada tahun 1581 dan ditempatkan di Kastil Azuchi Nobunaga. Nobunaga sering mengundang Yasuke untuk makan di mejanya, suatu perilaku yang jarang terjadi bahkan bagi seorang samurai. Yasuke juga membawa pedang Daimyo dan katananya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D