0 0
Read Time:3 Minute, 4 Second

TOKYO, Republik — Roket berbahan bakar padat kecil milik Space 1, Kairos, meledak tak lama setelah lepas landas pertamanya. Space One bertujuan menjadi perusahaan Jepang pertama yang meluncurkan satelit ke orbit.

Roket sepanjang 18 meter itu meledak sesaat setelah diluncurkan pada Rabu (13/3/2024) pukul 11.01 waktu setempat. Liputan langsung oleh media Jepang menunjukkan asap tebal, api, puing-puing roket, dan air disemprotkan dari alat pemadam kebakaran otomatis di dekat lokasi peluncuran.

Di puncak gunung di Semenanjung Kii di Jepang bagian barat, Space One mengonfirmasi data peluncuran dan mengumumkan bahwa penerbangan telah “dibatalkan”.

Gubernur Prefektur Wakayama Shuhei Kishimoto yang mendapat pengarahan dari Space One mengatakan, masalah tersebut terjadi akibat sistem suspensi penerbangan otomatis. Dia tidak menjelaskan masalahnya. Kishimoto menambahkan, tidak ada korban jiwa di lokasi kejadian dan api telah padam.

SpaceOne sebelumnya mengumumkan bahwa peluncuran akan sepenuhnya otomatis, termasuk kemampuan untuk membatalkan. Perusahaan mengatakan mereka mempekerjakan lebih dari selusin karyawan untuk ruang kendali terintegrasi.

Kairo memiliki satelit eksperimental pemerintah yang dapat menggantikan satelit intelijen untuk sementara jika kehilangan jaringan orbitnya. Space Corp rencananya akan diluncurkan pada Sabtu (3/9/2024), namun ditunda setelah pesawat luar angkasa tersebut memasuki perairan terlarang di dekat lokasi peluncuran.

Meski Jepang hanya berperan kecil dalam pengembangan teknologi luar angkasa. Namun para pengembang roket di negara tersebut berupaya mengembangkan roket yang lebih murah untuk memenuhi tingginya permintaan peluncuran satelit dari pemerintah Jepang dan pelanggan luar negeri.

Space One yang berbasis di Tokyo didirikan pada tahun 2018 oleh konsorsium perusahaan Jepang: Canon Electronics, divisi teknik kedirgantaraan IHI, perusahaan konstruksi Shimizu, dan Development Bank of Japan. Dua bank terbesar Jepang, Mitsubishi UFJ Bank dan Mizuho Bank, merupakan pemegang saham minoritas.

Harga saham Canon Electronics turun 13% setelah sukses diluncurkan di Kairo, dan saham IHI turun 2%. Presiden Space One Masakazu Toyoda mengatakan perusahaannya menyediakan “layanan antariksa” kepada pelanggan domestik dan internasional.

Dia mengatakan Space One berencana meluncurkan 20 roket per tahun pada akhir tahun 2020-an. Dia mengatakan perusahaan telah memperpanjang peluncurannya di Kairo sebanyak empat kali, namun pesanan untuk peluncuran kedua dan ketiga sudah penuh dipesan, termasuk pelanggan dari luar negeri.

Kairos terdiri dari mesin bahan bakar padat tiga tahap dan mesin penambah bahan bakar cair. Roket ini akan berusaha membawa muatan hingga 250 kg ke orbit rendah Bumi.

Space1 belum mengungkapkan biaya peluncuran Kairos, namun CEO Kozo Abe mengatakan biaya peluncuran akan “sangat kompetitif” dibandingkan dengan saingannya di AS, Rocket Lab.

Pada tahun 2017, Rocket Lab telah menerbangkan lebih dari 40 roket elektronik kecil dari Selandia Baru dengan biaya hampir $7 juta. Beberapa perusahaan Jepang menggunakan Electron untuk misi, termasuk produsen satelit radar iQPS dan Synspective serta startup penghapus puing orbital Astroscale.

Bulan lalu, Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) yang didanai pemerintah berhasil meluncurkan roket andalannya yang hemat biaya, H3. JAXA menyelesaikan pendaratan “bola mata” di bulan tahun ini, dan H3 dijadwalkan membawa sekitar 20 satelit dan wahana antariksa ke luar angkasa pada tahun 2030.

Namun saat itu, JAXA menghadapi serangkaian kemunduran. Penerbangan pertama H3 tahun lalu juga gagal, dan penerbangan roket kecil Epsilon pada tahun 2022 juga gagal.

Pada Juli 2023, mesin Epsilon meledak di lokasi pengujian JAAXA. Pada tahun 2019, Interstellar Technologies meluncurkan roket pribadi pertama Jepang dalam seri MOMO, meskipun tidak membawa muatan satelit berukuran penuh.

Jepang bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk menghidupkan kembali industri kedirgantaraan dalam negeri guna melawan persaingan teknologi dan militer dari Tiongkok dan Rusia.

Tahun lalu, pemerintah Jepang mengumumkan akan memberikan dukungan “berbagai segi” untuk peluncuran ruang angkasa yang membawa teknologi penting bagi keamanan nasional, yang bertujuan untuk membangun konstelasi satelit guna meningkatkan kemampuan intelijen.

Pekan lalu, Kementerian Pertahanan Jepang mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Space One untuk meningkatkan muatan roket dengan menguji mesin metana yang lebih hemat bahan bakar.​

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D