0 0
Read Time:1 Minute, 23 Second

JAKARTA: Berikut penjelasan rumus dan cara mencari mean (rata-rata) data ukuran konsentrasi yang perlu Anda ketahui. Ukuran tendensi sentral adalah suatu bilangan yang menunjukkan kecenderungan (tendensi) bilangan-bilangan yang berdistribusi konvergen.

Hal ini biasa digunakan untuk merangkum data dan mendeskripsikan sekelompok variabel dengan mencari angka (indeks) yang dapat mewakili keseluruhan kelompok. Apa rumusnya? Artikel kali ini akan membahasnya, simak rumus mencari mean atau median!

Berdasarkan buku Teori dan Aplikasi Statistika (2014) karya Sudaryono, ia menjelaskan pengertian pengukuran konsentrasi data. Mean adalah nilai yang mewakili sekumpulan atau sekelompok data. Rata-rata biasanya berada di tengah-tengah sekelompok data yang diurutkan berdasarkan ukuran nilai.

Dengan kata lain mean mempunyai tendensi sentral, sehingga sering disebut dengan ukuran tendensi sentral. Rata-rata data adalah jumlah seluruh titik waktu dibagi beberapa titik waktu

Dikutip dari buku Teori Dasar Statistik (2023) karya Darmawan Harefa membahas tentang rumus mencari nilai mean atau median. Nilai mean atau dengan kata lain nilai rata-rata adalah nilai rata-rata yang dihitung dari data. Mean dapat dicari dengan membagi banyaknya nilai data dengan banyaknya data. Nilai rata-rata mempunyai tiga rumus pembagian, antara lain:

• Rumus rata-rata untuk data individual

• Rumus untuk menghitung nilai rata-rata data dalam suatu distribusi frekuensi

• Rumus rata-rata senyawa

Contoh soal

Nilai rapor Wila adalah 8,7,7,9,8,6,7,8,9,6,7. Pertanyaan: Tentukan mean atau mediannya?

Menjawab:

Pada soal tersebut, kita mengetahui banyaknya data (n) = 11 = banyaknya landmark: banyaknya landmark = (8+7+7+9+8+6+7+8+9+6+7): 11 = 7,45, jadi nilai rata-rata rapor Wila adalah 7,45.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus dan cara mencari nilai rata-rata atau mean dalam pengukuran konsentrasi data.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D