0 0
Read Time:1 Minute, 55 Second

JAKARTA – Sejak HUT RI ke-79, Unika Atma Jaya mengikuti Eco-Enzyme Festival 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia bersama tim Global University Rankings Network GreenMetric Eco Enzyme UI Indonesia (UIIGWURN).

Kegiatan sejarah cair Eco-Enzyme dilaksanakan di Danau Kampus BSD Unika Atma Jaya, Sabtu (17/08/2024).

Baca Juga: IM Star Siap Pecahkan Dunia dan Rekor Muri Band Anak Berkebutuhan Khusus di HUT RI ke-79

“Bertepatan dengan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia ini, Unika Atma Jaya juga turut berperan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.” Keikutsertaan Unika Atma Jaya bersama 41 perguruan tinggi lainnya dalam Eco-Enzyme Festival 2024 merupakan salah satu bentuk kepedulian komitmen kami sebagai universitas untuk mendukung upaya keberlanjutan,” kata Rektor Unika Atma Jaya, Profesor Dr. Yuda Turana, melalui siaran pers, Senin (19/8/2024).

Puncak dari kegiatan ini adalah derivasi eco-enzyme sebagai langkah nyata kepedulian lingkungan hidup universitas. Tak hanya itu, acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian 2500 bibit ikan Nila dan Lele. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga air di danau kampus dan menjaga ekosistem danau agar tetap terjaga kelestariannya.

Baca juga: 5 PTN Cetak MURI dan Rekor Dunia di PKKMB Ospek 2024, Kampusmu Ada?

Sebagai bagian dari upaya menjaga lingkungan kampus, Unika Atma Jaya juga memproduksi eco-enzyme dari sampah organik berupa sisa kulit buah dan sayur yang diproduksi di salah satu kios di kantin Kampus Unika Atma Jaya Semanggi. Sampah organik tersebut kemudian akan melalui berbagai proses dan tahapan hingga menjadi eco-enzyme.

Diperkirakan sisa kulit buah dan sayur mencapai 30 kg per hari. Limbah ini kemudian diolah menjadi cairan Eco-Enzyme sebanyak 50 liter melalui proses fermentasi yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen dan teknisi Fakultas Teknologi Biologi (FTb) dan Fakultas Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM).

Proses ini dilakukan di bawah bimbingan Yasinta Ratna Esti Wulandari dan fermentasi dimulai pada 12 Juni 2024, dan panen pada 16 Agustus 2024.

Sebanyak 50 liter eco-enzyme diproduksi dan dituangkan oleh Pobal Unika Atma Jaya dalam waktu bersamaan. Rektor dan pimpinan mengambil gambar simbolis, dan lebih dari 45 siswa akan melakukan sisanya. Setiap siswa diberikan cairan Eco-Enzyme yang dibagi menjadi 78 botol dengan volume 250 ml.

Keikutsertaan Unika Atma Jaya dalam Eco-Enzymes Festival juga merupakan wujud nyata menjawab seruan Paus Fransiskus melalui siklus “Laudato Si” untuk menjaga dan melestarikan alam sebagai rumah kita bersama.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D