0 0
Read Time:1 Minute, 29 Second

Inggris – Memang perlu mengemudi di jalan raya ketika mengalami gangguan, namun menurut penelitian, banyak anak muda mengemudi dalam keadaan mabuk karena berada di bawah pengaruh obat-obatan atau minuman beralkohol.

Penggunaan narkoba akan menurunkan kesadaran, sehingga kemungkinan terjadi kecelakaan serius saat berkendara. Bukan hanya merugikan diri sendiri, tapi juga merugikan pengguna jalan lainnya.

Akibat berkurangnya kesadaran, pengemudi yang dalam keadaan mabuk atau dalam pengaruh narkoba dikhawatirkan tidak menaati peraturan lalu lintas dan tidak menjaga lingkungan sekitar.

Menurut penelitian dan penelitian lembaga penelitian IAM Roadsmart di Inggris, banyak anak muda yang meminum narkoba saat mengemudi, seperti dilansir bikeit.gr, Senin 6 Mei 2024.

Hasil penelitian tersebut sangat positif, karena 22 persen generasi muda berusia 17 hingga 34 tahun didorong oleh penggunaan narkoba berbagai jenis, termasuk obat-obatan keras.

Narkoba golongan A yang dimaksud adalah heroin, kokain, ekstasi, dan LSD. Hasil tersebut diperoleh dari 2.013 responden, dan untuk usia 70 tahun ke atas persentase pertanyaannya sama sebesar 13 persen.

Hasil tersebut juga sejalan dengan data kecelakaan di Inggris, pada tahun 2021 terdapat 171 pengguna mobil yang terlibat kecelakaan akibat penggunaan narkoba, jumlah tersebut mengalami penurunan dari tahun 2018 sebanyak 208 orang.

Perwakilan IAM Roadsmart William Porter mengatakan, terlepas dari biaya pengendalian harga, situasi beberapa kelompok harus mendorong polisi untuk meningkatkan pengawasan.

“Kami juga menyerukan kepada pemerintah untuk menyediakan sumber daya untuk mencegah residivisme, serta merehabilitasi pengemudi yang mengalami gangguan narkoba,” katanya.

Menurut dia, rehabilitasi semacam ini mirip dengan perbaikan perilaku pengemudi yang mengemudi dalam keadaan mabuk, dan dinilai efektif karena menunjukkan perubahan dari tahun ke tahun.

“Penerimaan institusional terhadap minuman beralkohol dan mengemudi telah membutuhkan waktu beberapa generasi untuk berubah, dan kita harus memperjelas bahwa kita tidak akan menoleransi alkohol atau obat-obatan terlarang saat mengemudi,” katanya. Sasar Generasi Muda Pilih Pilkada 2024, PKS Ciptakan Kawasan Gerakan ‘Pahlawan Demokrasi’

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D