0 0
Read Time:3 Minute, 46 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – ChatGPT adalah chatbot AI paling populer saat ini karena kemampuan coding, menulis, dan chatting.

Namun seperti dilansir ZDNET, Sabtu (24/4/2024), ChatGPT tidak hanya mampu melakukan tugas teknis saja.

Percakapan ini juga dapat digunakan untuk membantu tugas sehari-hari sehingga menghemat waktu dan membuat hidup lebih mudah.

ChatGPT dapat meningkatkan produktivitas dan memecahkan masalah kehidupan nyata Anda dengan banyak cara, dan bagian terbaiknya adalah, Anda tidak perlu menjadi ahli teknologi untuk mengikuti tips berikut.

Anda dapat memanfaatkan kemampuan canggih chatbot AI ini agar lebih produktif. Nah bagi yang tertarik, simak caranya di bawah ini.  Draf email

Membuat draf email bisa jadi membosankan dan memakan waktu.

Menemukan kata-kata yang tepat untuk menyampaikan pesan Anda lebih sulit, terutama jika Anda kekurangan waktu atau mencoba memilah-milah seluruh kotak masuk.

ChatGPT dapat membantu mengatasi masalah ini.

Misalnya, cobalah postingan yang berbunyi, “Bantu saya menyiapkan email untuk atasan saya agar dia tahu saya ada janji dengan dokter hari ini.”

Dalam hitungan detik, ChatGPT akan menghasilkan template email yang sesuai dengan situasi.

Semakin banyak informasi yang dimasukkan ke dalam perintah, semakin baik template yang disediakan oleh chatbot sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menyalinnya ke email Anda. Selanjutnya sesuaikan sesuai keinginan, lalu klik submit.

Orang cenderung merasa cemas atau khawatir sebelum melakukan suatu tugas penting.

Terkadang percakapan ringan dapat membantu Anda fokus dan kembali fokus pada tugas yang ada.

Daripada bertanya kepada teman, kolega, keluarga, atau bahkan Google tentang strategi terbaik sebelum acara, Anda bisa bertanya pada ChatGPT.

Misalnya, “Saya ada presentasi besar yang akan datang, bisakah Anda memberi saya rencana atau saran agar presentasi saya sukses?” Coba masukkan perintahnya.

Terakhir, ChatGPT akan memberikan daftar rencana dan solusi untuk memastikan pertunjukan berjalan lancar. Nasihat yang diberikan relevan, referensinya beragam, inspiratif dan yang terpenting dapat dipercaya.

Anda dapat menggunakan dorongan untuk memberi semangat atau membantu.

Jika Anda menginginkan rencana insentif yang lebih spesifik, Anda dapat menyertakan rincian lebih lanjut dalam permohonan. 

Jika Anda suka membuat daftar, baik itu daftar tugas atau daftar belanjaan, fitur ini sangat berguna.

Jadi ChatGPT dapat membantu Anda membuat daftar berdasarkan kebutuhan Anda.

Misalnya, Anda dapat meminta ChatGPT untuk membuat daftar belanjaan yang berisi nutrisi penting. Seketika, ChatGPT akan membuat daftar belanjaan yang memuat kebutuhan dapur sehari-hari Anda.

Jika Anda ingin membuat feed tertentu, Anda dapat meminta ChatGPT untuk menambahkan feed tersebut ke daftar belanja.

Judulnya “Saya ingin memproduksi daging sapi, bisakah Anda memasukkan barang yang saya butuhkan ke dalam daftar belanjaan?” Anda dapat mengirimkan pesanan.

Selain daftar belanjaan, Anda juga bisa membuat daftar lainnya.

Misalnya, ketika Anda ingin pergi berlibur, Anda bisa meminta ChatGPT untuk menulis daftarnya daripada menulis semuanya dari awal.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa meminta ChatGPT untuk mencantumkan tempat-tempat yang ingin Anda tuju dari daftar tersebut.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk membuatnya berfungsi, Anda dapat bertanya pada ChatGPT.

Misalnya, jika Anda bekerja di departemen strategi media sosial, Anda dapat meminta ChatGPT untuk membantu Anda membuat postingan untuk media sosial.

Anda dapat memasukkan perintah ke ChatGPT sedetail yang Anda perlukan, termasuk gambar yang ingin Anda unggah, dan ChatGPT akan memberikan keterangan yang sesuai.

ChatGPT dapat mengambil langkah ini lebih jauh lagi dan membantu brainstorming, termasuk perencanaan pengunduhan yang terperinci. 

Misalnya, “Bisakah Anda membantu saya merencanakan sembilan postingan berikutnya untuk Instagram saya?”

Selanjutnya, ChatGPT akan meminta informasi lebih spesifik tentang akun Anda dan memberi Anda paket tambahan.

Selain membantu Anda dalam urusan pekerjaan, ChatGPT dapat membantu Anda dalam urusan pribadi, seperti membuat rencana pelatihan dan merencanakan menu makanan yang ingin Anda siapkan.

Jika Anda ingin memulai gym dan memerlukan sedikit bantuan untuk memulai, ChatGPT dapat membuat rencana pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda dengan satu pesanan sederhana.

Anda tinggal memberikan ChatGPT sedetail mungkin tentang apa saja yang Anda perlukan saat berolahraga. ChatGPT juga akan segera memberi tahu Anda.

Misalnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan ChatGPT tentang treadmill yang dapat meningkatkan daya tahan lari Anda, dan chatbot akan menampilkan daftar treadmill yang berbeda.

Tidak hanya itu, ChatGPT juga dapat menyertakan rekomendasi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, seperti pemanasan dan peningkatan latihan secara bertahap.

Merencanakan menu yang ingin dibuat lebih sulit dibandingkan memasak.

Jika Anda kesulitan merencanakan menu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, ChatGPT dapat membantu Anda dengan resep yang tepat.

Anda bisa menulis, “Bisakah Anda membantu saya membuat resep yang menggunakan bayam, wortel, bawang bombay, dan tomat?” 

Kemudian ChatGPT akan mencarikan resep bahan yang tepat.

Namun ingat, chatbot AI seperti ChatGPT mengambil konten dalam jumlah besar dari Internet dan mencoba mengubah data tersebut menjadi satu respons yang sesuai dengan perintah. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D