0 0
Read Time:2 Minute, 21 Second

dianrakyat.co.id – Wahyu Nugroho merupakan salah satu pebalap Yamaha Racing Indonesia atau YRI yang diundang untuk mengikuti latihan di Valentino Rossi Racing School yakni Yamaha VR46 Master Camp pada 7-12 Agustus 2024.

Pelatihan ini diikuti oleh 6 peserta dari 6 negara, antara lain Gonzalo Sanchez Melendez dari Spanyol, Takumi Takahashi dari Jepang, Dorian Joulin dari Perancis, Aymon Bocanegra dari Peru dan Md Adamhaikal Bin Jahar dari Malaysia.

Sebelum terpilih menjadi perwakilan Yamaha Indonesia yang berlatih langsung di VR46 Racing Academy, Wahyu Nogroho sudah lebih dulu menunjukkan kebolehannya di berbagai kompetisi nasional dan internasional.

Salah satu hasil yang membuat namanya jadi sorotan adalah saat pembalap asal Boyolali, Jawa Tengah itu naik podium di Piala Internasional Blu Cru Eropa 2022 di Sirkuit Autodrom Ceko 2022.

Pemuda kelahiran 14 Januari 2003 ini kemudian beberapa kali meraih gelar juara di berbagai kompetisi. Keahliannya ia tunjukkan bahkan saat ia sedang menjalani pelatihan sebagai pelatih di Sekolah Doktoral.

Di antara 6 kompetisi dari negara lain, Wahyu menjadi yang terbaik di beberapa sesi latihan. Oleh karena itu, hasil ini mungkin menjadi kejutan bagi Rossi sebagai pendiri.

Pada latihan hari pertama digelar balapan MiniGP dengan stok mesin YZ85. Pada balapan kali ini, Wahyu Nugroho berhasil meraih podium kedua.

Pada hari kedua terdapat 2 sesi flat di Tavullia, Italia dan masing-masing sesi berlangsung sekitar 2,5 jam. Kursus datar adalah pelatihan di medan datar dan kami melakukan pelatihan ini dengan balap berbasis YZ250.

Keenam pebalap tersebut dilatih langsung oleh Marco Belli yang pernah melatih pebalap VR46 Riders Academy yang fokus di MotoGP, Moto2 atau balapan lainnya. Juga bagian dari Ayumu Sasaki.

Selain itu, ada pula sesi eSport bersama instruktur Lorenzo Daretti. Pada hari ke-3, mereka melakukan kegiatan berbeda dengan pelatihan motocross, eSports dan fisiologi.

Pembalap Moto2 Jeremy Alcoba bersamanya dalam latihan. Seperti biasa, kompetisi eSports ditampilkan di akhir sesi, hingga Wahyu Nugroho meraih podium ke-3 dalam kompetisi eSports tersebut.

Hari ke-4 sebagian besar dihabiskan di Sirkuit Pomposa. Mereka berlatih menggunakan Yamaha YZF-R3, model global Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Saat balapan digelar di Q3, Wahyu Nugroho berhasil finis di posisi ke-2 podium. Jadi model perlombaannya didasarkan pada waktu terbaik tercepat (superpole) yang ditetapkan masing-masing peserta. Jeremy Alcoba bersamanya dalam kegiatan ini.

Kemudian Hari ke 5 lebih fokus pada latihan flat track di VR46 Motor Ranch. Selain latihan jalan, ada juga proses pembelajaran melalui video yang dijelaskan oleh Marco Belli. 

Alhasil, tidak hanya soal latihan, di master camp Yamaha VR46, informasi atau instruksi diberikan di setiap sesi latihan untuk meningkatkan skill atau fisik para peserta.

Untuk hari terakhir, Wahyu Nugroho kembali berlatih flat track. Pada sesi ini juga hadir Andrea Migno sebagai pelatih pada saat kegiatan berlangsung. Wahyu Nugroho finis di posisi ke-4 pada balapan flat track. Temui Adik Marc Marquez, Murid Valentino Rossi: Sakit Leher yang Tak Biasa. dianrakyat.co.id.co.id 2 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D