0 0
Read Time:1 Minute, 59 Second

JAKARTA – Sekitar 10 miliar kata sandi unik bocor di forum siber. File tersebut bernama “rockyou2024.txt”. Kumpulan password ini melampaui pemegang rekor sebelumnya RockYou2021 yang mencapai 1,5 miliar password.

Pakar Kaspersky Lab telah merilis panduan praktis untuk membantu pengguna melindungi diri mereka sendiri jika terjadi kebocoran data:

1. Periksa konsekuensi dari peretasan. Ketika terjadi pelanggaran data, hal pertama yang kami sarankan adalah memeriksa apakah data kami sebagai pengguna terpengaruh. Solusi keamanan tingkat lanjut dapat mendeteksi pelanggaran data dan mengeluarkan peringatan bila diperlukan untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan.

2. Ubah kata sandi Anda sesegera mungkin. Jika terjadi pelanggaran data, penting untuk segera mengubah kata sandi Anda dan meninjau semua situs lain yang menggunakan kata sandi yang sama. Kata sandi baru harus unik untuk setiap akun, minimal 8 karakter, terdiri dari huruf, angka, dan simbol.

3. Jika perlu, blokir dan terbitkan kembali kartu debit/kredit Anda. Jika informasi pembayaran disimpan oleh layanan yang mengalami pelanggaran data, cara terbaik untuk memblokir dan menerbitkan kembali kartu tersebut adalah dengan memberikan keamanan tambahan. Menerbitkan ulang kartu debit/kredit biasanya tidak memakan banyak waktu atau tenaga, sehingga Anda tidak perlu repot lagi.

4. Instal pengelola kata sandi yang kuat untuk menghasilkan kata sandi yang kuat dan menyimpannya dengan aman di dompet terenkripsi. Selain itu, ia mampu melacak kebocoran data dan memeriksa apakah kata sandi pengguna telah dibobol.

5. Jangan lupa tentang otentikasi dua faktor Survei Kaspersky baru-baru ini menunjukkan betapa mudahnya meretas akun tanpa kata sandi yang kuat dan keamanan yang kuat seperti 2FA. Untuk melindungi akun Anda dari akses tidak sah, sangat disarankan untuk menyiapkan 2FA. Hal ini dapat dilakukan dengan menerima konfirmasi melalui SMS, email, atau dengan menggunakan aplikasi verifikasi atau pengelola kata sandi yang menghasilkan kode satu kali.

6. Tutup akun yang tidak digunakan dengan aman. Jika ada layanan yang sudah lama tidak digunakan, segera setelah terjadi kebocoran data disarankan untuk menutup akun Anda dan menghubungi dukungan teknis atau kebijakan privasi untuk meminta penghapusan data sepenuhnya di alamat yang ditentukan. . Ini adalah langkah yang sering dijelaskan di bagian “Hak Anda” pada layanan hukum.

7. Bagikan hanya informasi pribadi yang paling tidak sensitif secara online. Karena kebocoran informasi berskala besar dari layanan sering terjadi, disarankan untuk meminimalkan informasi yang diberikan ke layanan. Saat mendaftar, tidak perlu menggunakan alamat email utama Anda; Anda dapat menggunakan substitusi otomatis. Selain itu, jika tidak perlu, hapus nama asli dan alamat tempat tinggal Anda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D