0 0
Read Time:1 Minute, 22 Second

Jakarta – Untuk pertama kalinya, Direktur Pendidikan Islam melalui Direktur Universitas Keagamaan Islam (PTKI) akan menyelenggarakan pertukaran mahasiswa eksternal (PM Luring). 

Program ini dibuat sebagai implementasi dari Kebijakan Perguruan Tinggi Merdeka Belajar (MBKM) di lingkungan PTKI, yang tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Pendidikan Islam No. 7290 Tahun 2020 (Kepdirjen No. 7290 Tahun 2020). Sebelumnya kegiatan pertukaran pelajar hanya dilakukan secara daring (PM-Daring).

“Pada tahun 2024, kami akan memperluas program MBKM dalam bentuk beberapa program lagi. “Jika pada tahun-tahun sebelumnya pertukaran pelajar hanya dilakukan secara online, maka mulai saat ini pertukaran pelajar eksternal harus dilakukan,” kata Direktur PTKI Ahmad Zainul Hamdi dalam keterangan yang diterima dianrakyat.co.id, Minggu, 7 Juli 2024.

Menurutnya, salah satu filosofi kegiatan pertukaran pelajar dalam program MBKM ini tidak hanya menyasar aspek pengetahuan mahasiswa saja, karena kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membentuk beberapa sikap mahasiswa, antara lain sikap tentang menghargai perbedaan budaya, pendapat, agama dan kepercayaan pada tempat baru di mana siswa tinggal.

“Program ini sangat bagus, karena mahasiswa akan membuka wawasannya di tempat baru, sehingga mahasiswa akan memperoleh pengalaman-pengalaman bermakna yang dapat membangun kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan baru,” imbuhnya.

“Karena saya yakin melalui kegiatan ini mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengembangkan soft skill maupun hard skill yang mungkin tidak bisa didapatkan di lapangan,” lanjutnya. Halaman berikutnya Sekadar informasi, Direktur PTKI menerbitkan Surat Edaran No. B-509/Dj.I.III/HM.00/06/2024 tanggal 21 Juni 2024 tentang Petunjuk Teknis Program MBKM Gelombang-1 Tahun Anggaran 2024/2025. Surat nomor B-527 /DJ.I/Dt.I.III/PP.00/07/2024 tanggal 01.07.2024. sehubungan dengan penunjukan tuan rumah PTKIN untuk menyelenggarakan kegiatan PM offline. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D