0 0
Read Time:2 Minute, 29 Second

dianrakyat.co.id Educasi – Palestina kini menjadi negara terkemuka di dunia, hal ini disebabkan oleh serangan pasukan Zionis Israel yang terus berlanjut hingga saat ini. Ada banyak negara Muslim yang berbatasan langsung dengan Israel.

Sesuai dengan namanya, mereka semua ikut serta dalam peperangan pada masa lalu hingga sekarang. Israel adalah sebuah negara di Asia Barat. Melihat ke belakang, mereka pertama kali mengklaim kemerdekaan pada tahun 1948.

Di wilayahnya, Israel memiliki banyak perbatasan dengan negara-negara lain di dunia. Di antara banyak negara tersebut, beberapa di antaranya adalah negara-negara dengan populasi Muslim yang besar: 1. Lebanon

Dilansir Britannica, Senin 20 November 2023, negara Lebanon berbatasan dengan Suriah di utara dan timur serta Israel di selatan.

Perbatasan antara Lebanon dan Israel terbentang sekitar 120 kilometer di bagian selatan wilayahnya. Jika dipikir-pikir, perbatasan tersebut didirikan pada tahun 1949 sebagai bagian dari perjanjian setelah Perang Arab-Israel.

Selanjutnya, kawasan perbatasan antara Lebanon dan Israel dikenal dengan sebutan “Garis Hijau”. Namun perbatasan ini tidak resmi digunakan sebagai perbatasan formal kedua negara. Keadaan menjadi lebih buruk di perbatasan antara Lebanon dan Israel belakangan ini.

Hal ini terkait dengan konflik antara milisi Hizbullah dan milisi Tel Aviv. Seperti diketahui, Israel dan Hamas sedang berperang. Karena berpura-pura solidaritas dengan rakyat Palestina, Hizbullah yang berada di Lebanon pun mengancam Israel 2. Suriah

Suriah berbatasan dengan Israel di bagian timur laut wilayahnya. Menurut World Atlas, perbatasan tersebut memiliki panjang sekitar 77 mil. Hubungan antara Israel dan Suriah telah lama tegang.

Setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967, terjadi pembicaraan antara kedua negara. Di sisi lain, Suriah ingin mengembalikan Dataran Tinggi Golan yang sebelumnya diduduki. Sementara itu, Israel meminta pengakuan dan hubungan damai dengan Suriah.3. Mesir

Berikutnya adalah Mesir. Dilihat dari sejarahnya, negara ini juga mempunyai sejarah konflik dengan Israel, termasuk beberapa perang besar.

Perbatasan antara Mesir dan Israel dimulai dari segitiga (garis Gaza-Israel-Mesir), yang berada di selatan pantai Mediterania. Kawasan perbatasan berakhir ketika mencapai Teluk Aqaba dekat pantai timur Semenanjung Sinai. Ada satu hal yang menarik dari perbatasan antara Mesir dan Israel.

Ada rel kereta api tinggi di sana sepanjang 252 mil. Pagar tersebut dibangun oleh pemerintah Israel. Tujuannya untuk mengurangi masuknya imigran ilegal dari negara-negara Afrika.4. Yordania

Seperti banyak negara Arab lainnya, Yordania memiliki sejarah konflik dengan Israel. Konflik di antara mereka berlangsung dari tahun 1948 hingga tahun 1990-an.

Namun seiring berjalannya waktu, kedua negara akhirnya memutuskan untuk berdamai. Salah satu perjanjian yang sedang berjalan juga menetapkan batas hukum antara Yordania dan Israel, tepat di timur dan tenggara.5. Palestina

Tepi Barat dan Jalur Gaza merupakan wilayah sengketa antara Palestina dan Israel. Dalam hal ini, keduanya mengklaim bahwa negara tersebut adalah bagian darinya.

 Israel pertama kali menguasai wilayah tersebut setelah Perang Arab-Israel pada tahun 1967. Hingga saat ini, sering terjadi bentrokan yang seringkali mengakibatkan korban sipil. Lebih dari 70 persen sekolah PBB-UNRWA di Gaza hancur, ratusan ribu anak trauma UNRWA mengungkapkan bahwa lebih dari 70 persen sekolah di Gaza rusak atau hancur, dan sebagian besar dijadikan kamp pengungsian. dianrakyat.co.id.co.id 3 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D