0 0
Read Time:1 Minute, 32 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Honda dan General Motors (GM) resmi mengumumkan kerja sama produksi unit tenaga sel bahan bakar hidrogen di Amerika Serikat melalui Fuel Cell Systems Manufacturing (FCSM) LLC. Unit daya berbahan bakar hidrogen ini memiliki daya tahan yang tinggi karena menggunakan material yang sangat tahan korosi dan bersuhu rendah.

Sistem yang sama akan digunakan pada Hydrogen Fuel Cell Vehicles (FCEV) yang akan diluncurkan Honda tahun ini.

Untuk mengurangi biaya dalam pengembangan dan produksi, perusahaan mengadopsi beberapa metode, termasuk mengurangi penggunaan logam mulia dalam jumlah besar, meningkatkan skala ekonomi melalui produksi skala besar, dan standarisasi sumber pengadaan suku cadang.

Dengan berbagai upaya, biaya sistem sel material telah berkurang hingga sepertiga dari total biaya.

FCSM didirikan pada Januari 2017 dan merupakan koperasi pertama di industri otomotif yang fokus pada produksi sistem sel bahan bakar canggih.

Pabrik baterai GM memiliki total investasi sebesar 85 juta dollar AS dan dibangun di atas lahan seluas 6.503 m2 di Brownstown, Michigan, Amerika Serikat.

Presiden FCSM Suheb Haq mengatakan dimulainya produksi merupakan tonggak penting bagi GM dan Honda dalam upaya kami menjadikan transportasi dan kebutuhan energi lainnya netral karbon.

“Semua orang di FCSM bekerja sebagai ‘satu tim’ dengan misi menghadirkan sistem sel bahan bakar hidrogen yang terjangkau kepada pelanggan kami,” kata Suheb dalam keterangan resmi, Senin (29/1/2024).

Sementara itu, Wakil Presiden FCSM Tetsuo Suzuki mengatakan pihaknya sedang membangun sistem produksi bertenaga yang menggabungkan kekuatan Honda dan GM.

“Kami telah menerapkan sistem produksi massal berkualitas tinggi yang memperhatikan detail dan berkomitmen terhadap masa depan serta pengenalan teknologi sel bahan bakar hidrogen. Kami siap memenuhi kebutuhan Anda,” tegasnya.

Sejak tahun 2013, Honda dan GM telah berkolaborasi dalam pengembangan sistem sel bahan bakar dengan tujuan menghasilkan sistem yang praktis dan terjangkau untuk meningkatkan penggunaan dan utilitasnya di masa depan.

Honda bertujuan untuk mencapai netralitas karbon melalui seluruh produk dan operasi perusahaan pada tahun 2050.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D