0 0
Read Time:2 Minute, 39 Second

JAKARTA – Jenis ras yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Klasifikasi generasi-generasi ini didasarkan pada waktu kelahiran mereka dan kondisi umum dunia pada saat itu.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengklasifikasikan penduduk Indonesia menjadi enam generasi, antara lain Post Gen Z (Post Gen Z/Alpha), Generasi Z (Generation Z), Millennials/Generation Y, Generation X (Generation X), Baby Boomers dan Pra-Boomer. Berdasarkan sensus tahun 2020, Gen Z dan Milenial mendominasi jumlah penduduk Indonesia yaitu mencapai 270,20 juta jiwa.

Berikut ikhtisar enam jenis garis keturunan di Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber.

Macam-macam Generasi di Indonesia 1. Post Gen Z/Alpha Generasi Z atau Generasi Alpha yang lahir pada tahun 2011 hingga sekarang. Generasi Alpha merupakan generasi penting yang sangat dekat dengan teknologi. Mereka biasanya cerdas, memahami situasi dengan cepat dan memecahkan masalah dengan baik.

Ponsel, gadget, dan internet bukanlah hal baru bagi generasi ini. Namun di sisi lain, beradaptasi dengan gadget menimbulkan tantangan tersendiri. Karena generasi alfa bergantung pada gadget, mereka menjadi sulit untuk melepaskan diri dan enggan bersosialisasi dengan teman. Hal ini menyebabkan peningkatan risiko penyakit mental pada generasi alfa di masa depan.

2. Gen ZGen Z lahir antara tahun 1996-2010. Generasi ini lahir di era digital yang tetap. Mereka tumbuh dengan ponsel pintar, media sosial, dan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi yang semakin maju membuat Gen Z nyaman dengan kemudahan, keterjangkauan, dan stabilitas keuangan keluarga. Maka tidak heran jika generasi ini kini melahirkan anak-anak yang sangat cerdas, cakap dan sehat.

3. Milenial/Gen Y Generasi milenial atau Gen Y lahir antara tahun 1981-1995. Milenial juga bisa dikatakan sebagai generasi yang banyak mengalami perubahan drastis di bidang teknologi dan ekonomi. Tumbuh pada masa transisi teknologi dari analog ke digital menjadikan generasi milenial semakin canggih, kreatif, mandiri, dan berani mengambil risiko.

Disebut generasi Milenial karena generasi ini telah melewati milenium kedua sejak Karl Mannheim mengajukan teori generasi ini pada tahun 1923.

4. Gen XGen X adalah orang yang lahir antara tahun 1965-1980. Gen X lahir dari orang tua generasi sebelumnya, yaitu Baby Boomers. Hal inilah yang menjadi dasar bagi Gen X untuk mulai mengurangi jumlah anak agar generasi orang tuanya tidak sebanyak itu.

Umum

Dibesarkan oleh orang tua yang disiplin, umumnya karena orang tuanya sering kali mendesak agar mereka menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan berkarir.

5. Baby Boomer Generasi Baby Boomer lahir antara tahun 1946-1964. Generasi ini disebut baby boomer karena sebagian besar lahir pada era pasca Perang Dunia II, ketika peningkatan angka kelahiran berubah menjadi ledakan kelahiran.

Dibesarkan oleh orang tua yang disiplin dan tegas, generasi baby boomer cenderung memiliki moral yang tinggi, pikiran yang teguh, prinsip yang kuat, serta loyalitas dan komitmen yang tinggi. Di sisi lain, generasi baby boomer, yang kini mulai beranjak dewasa seiring dengan berkembangnya teknologi, sering kali kesulitan beradaptasi dengan teknologi canggih.

6. Pre-booms Pre-booms adalah generasi yang lahir sebelum tahun 1946, ketika dunia sedang mengalami krisis global.

Di Indonesia sendiri, masa ini adalah sebelum kemerdekaan. Masyarakat yang hidup pada masa ini mengalami apa yang disebut dengan perjuangan melawan kolonialisme. Oleh karena itu, kaum pre-boom mempunyai sikap yang keras karena mereka hidup di masa ketika perekonomian dunia berada dalam situasi yang sangat sulit akibat perang.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D