0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

JAKARTA – Turki membangun kapal pesiar baru untuk memperkuat postur militernya. Rudal yang dikenal dengan nama Black Atmaka itu berhasil diuji dan secara akurat mengenai sasaran mengambang.

People’s Daily melaporkan dari Beijing pada tanggal 23 Agustus: “Kara Atmaka berhasil mencapai target dan menyelesaikan penerbangan terpanjang hingga saat ini,” kata Haluk Görgün, kepala Dewan Industri Pertahanan Negara (SSB).

Rudal Black Atmaka yang diuji, didukung oleh mesin KTJ3700 yang dikembangkan dalam negeri, ditembakkan dari peluncur bergerak. Pembuat rudal tersebut, Roketsan, tidak mengungkapkan lokasinya, meskipun tes tersebut biasanya dilakukan di sebuah fasilitas di Sinop, di ujung utara Turki.

Gorgen mengatakan sistem ini dirancang untuk menargetkan sasaran darat strategis yang memerlukan presisi tinggi. “Dengan fitur-fitur uniknya, Kara Atmaka selangkah lebih maju dari kompetitor globalnya,” tulisnya di platform media sosial X.

Sistem rudal anti-jamming ini diluncurkan dari kendaraan taktis beroda untuk menargetkan aset permukaan strategis, pertahanan udara musuh, dan sistem rudal tetap dan bergerak di darat.

Mesin pendorong roket KTJ3700 diproduksi oleh Kale Arge. Kontrak pengembangan Kara Atmaka ditandatangani pada pertengahan Agustus 2021 untuk memenuhi kebutuhan operasional serangan jarak jauh Komando Angkatan Darat Turki.

Dengan berat sekitar 250 kg, rudal ini dilengkapi dengan pencitraan inframerah canggih yang memungkinkannya bermanuver secara agresif dan mencapai sasaran dengan akurasi sentimeter.

Kara Atmaka memiliki jangkauan lebih dari 280 km, lebih panjang dari rudal anti kapal. Atmaka dianggap sebagai rudal serangan permukaan-ke-permukaan jarak jauh berpresisi tinggi yang dapat diintegrasikan dengan kapal patroli, fregat, dan kapal selam.

Komando angkatan laut Turki telah menggunakan rudal anti-kapal Harpoon buatan AS. Rudal ini diharapkan dapat menggantikan rudal Atmaka yang akan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D