0 0
Read Time:1 Minute, 3 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Wanita pascamenopause sepertinya sebaiknya membatasi asupan jus jahe. Gejala hot flashes diyakini akan memburuk saat menopause.

“Minum air jahe memang baik dilakukan sesekali, apalagi saat musim hujan, namun jika terus menerus justru akan memperparah hot flashes tersebut. Oleh karena itu, akan semakin mengganggu saya dan Anda,” kata Ni. Komang Yeni Dhana, dokter spesialis kesuburan sekaligus istri. Sari.

Dr. Yeni juga mengingatkan ibu hamil untuk menghindari minuman beralkohol, rokok, dan membatasi konsumsi kopi. Katanya minum kopi bisa membuat dada memompa lebih keras.

Faktanya, pada wanita pascamenopause terjadi peningkatan karena suhu meningkat, pembengkakan meningkat, sehingga menstruasinya semakin parah, ujarnya.

Lebih lanjut dr Yeni menjelaskan, gejala menopause bukan sekadar hot flashes. Wanita pascamenopause juga mungkin mengalami siklus menstruasi tidak teratur, vagina kering, demam, keringat malam dan masalah tidur, nyeri payudara dan peningkatan tekanan darah, kolesterol dan gula darah.

“Pakaian harus longgar, menyerap keringat, tidak terlalu tebal, saat cuaca dingin,” kata dr Yeni.

Menstruasi merupakan proses biologis yang terjadi pada semua wanita. Menurut dr. Yeni, menerima keadaan ini adalah hal terpenting bagi perempuan.

Dokter Yeni menganjurkan agar wanita pascamenopause menjaga pola hidup sehat, termasuk menghindari asupan tinggi karbohidrat dan gula untuk mencegah penambahan berat badan. Olah raga dan istirahat yang cukup juga merupakan bagian dari pola hidup sehat yang dianjurkan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D