0 0
Read Time:2 Minute, 44 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA- Universitas siber swasta pertama Asia Cyber ​​​​University (UNSIA) menggelar wisuda perdana pada Minggu (23/6/2024).

Gelar ini dilaksanakan dalam format hybrid, dengan eksplorasi sarjana baik di tempat maupun online, menggunakan teknologi Metaverse dan realitas virtual.

Wisuda tersebut menjadi tonggak penting dalam kunjungan UNSIA tahun 2020 yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

UNSIA telah membuka 53 program pascasarjana di 5 program pembelajaran jarak jauh di berbagai jenjang sarjana, antara lain manajemen, akuntansi, sistem informasi, informasi dan komunikasi. Tiga orang lulusan daring merupakan warga negara Indonesia yang tinggal di Korea Selatan

Rektor dan administrasi menggunakan teknologi Metavar untuk mendaftarkan siswa yang tinggal di Korea Selatan dalam kursus informatif.

Dalam peresmian tersebut, rektor dan jajaran menggunakan perangkat virtual reality (VR) yang dipasang di kepala dan tangan.

Peresmian Metaverse ini juga dihadiri oleh acara wisuda perdana UNSIA. Kami sangat bangga dengan lulusan yang dikukuhkan hari ini dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri,” kata Rektor UNC, CPA, PhD Profesor Zhang Yoon Cho pada Jumat (28/6/2024). . 

Hal ini dipahami sejalan dengan tujuan UNSIA dalam mendukung program pemerintah seperti peningkatan jumlah lulusan usia produktif SMA/SMK dan perguruan tinggi.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi Metawall ini merupakan wujud komitmen Cyber ​​University yang selalu menghadirkan teknologi mutakhir untuk mendukung pembelajaran UNSI di era cyber society. 

Rektor mengatakan UNSIA akan segera menambah program studi baru pada jenjang sarjana dan pascasarjana seperti MA bidang Administrasi Bisnis, Komputer dan Komunikasi dan BA bidang PJ Bahasa Korea.

UNSIA telah bermitra dan terus berkolaborasi dengan berbagai institusi di luar negeri untuk mendukung mimpinya menjadi universitas terkemuka di kawasan ASEAN dan menjadi hub dan koordinator cyber university.

Wilayah Asia

Dalam wisuda kali ini, para wisudawan dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi 2014-2019, Dr. Profesor H. Kepala Mohammad Nasir memberi tahu.

Dalam sambutannya, Profesor Naseer menyampaikan bahwa perguruan tinggi harus memiliki inisiatif strategis untuk menghadapi tantangan Era Industri 4.0 dan Era Sosial 5.0.

Perguruan tinggi harus mampu bersaing dalam perubahan dan inovasi pendidikan dengan memadukan prestasi akademik, kebutuhan pasar, dan kebutuhan masyarakat, ujarnya.

Kedua, keunggulan dalam penelitian, esai, dan kutipan Ketiga, kerja sama/kolaborasi dengan industri, pemerintah, asosiasi profesi, lembaga pendidikan dan eksperimen luar dan dalam negeri, pertukaran guru dan siswa.

Keempat, pengakuan atas peningkatan mutu yang berkesinambungan. Kelima, pemeringkatan kampus perguruan tinggi secara nasional dan internasional, kata Pejabat Khusus Wakil Presiden Bidang Reformasi Birokrasi RI.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Daerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Profesor Dr. Tony Tohruddin yang turut hadir dalam acara wisuda tersebut juga memberikan sambutan kepada para wisudawan UNSS.

Lulusan perguruan tinggi akan menyumbang sekitar 10 persen dari 9 juta lapangan pekerjaan yang terbuka pada tahun 2022, katanya.

Ia mengatakan, untuk itu para lulusan harus berusaha memaksimalkan potensi yang dimiliki dan perguruan tinggi harus menyelaraskan program pendidikannya dengan kemajuan dunia industri. 

Lee Sang-deok, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, mengucapkan selamat dan menyemangati para wisudawan UNSIA melalui video ucapan selamat.

Dubes menegaskan, tim akan aktif mendukung pengembangan Asian Cyber ​​​​University.

“Selamat kepada para lulusan dan alumni Asia Cyber ​​University yang telah mengajarkan kami keterampilan dan teknologi untuk berkembang dalam lingkungan digital yang dinamis ini,” ujarnya. 

Dikatakannya, sesuai misi universitas, para lulusan akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi revolusi industri ke-4.  

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D