0 0
Read Time:2 Minute, 19 Second

dianrakyat.co.id – Di era digital yang terus berubah, penting bagi merek lokal dan usaha kecil dan mikro (UMKM) untuk terus berinovasi, memanfaatkan peluang yang ada, serta berhasil dan berubah untuk memperkuat eksistensinya. Salah satu kunci sukses menuju pesatnya pertumbuhan merek lokal dan UMKM adalah peran penting platform e-commerce.

Menganalisis situasi pasar dalam beberapa bulan terakhir, konsistensi dan dukungan platform e-commerce khususnya Shopee memberikan warna baru dan menambah sejarah perkembangan bisnis lokal di Indonesia. Salah satu kontribusinya adalah dengan kembali menggelar Shopee Super Awards 2023, yang merupakan penghargaan bagi organisasi dan individu yang berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi digital dengan teknologi Shopee dalam satu tahun terakhir termasuk UMKM lokal.

UMKM lokal dinilai berperan penting sebagai penggerak perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa kategori dalam Shopee Super Awards 2023 fokus khusus pada pelaku UMKM yang telah memberikan dampak positif pada lanskap e-commerce di Indonesia.

Salah satu UMKM yang meraih penghargaan di Shopee Super Awards 2023 adalah Triana Saptiaji, pemilik UMKM Azella Collections. Triana meraih penghargaan pada kategori UMKM Super Livestreamer, berkat kegigihannya menggunakan fitur live streaming dan sukses menjual ribuan produk dalam satu hari.

Triana pun berbagi cerita kepada media tentang perjalanannya memulai bisnis mukena online. Awalnya pria berusia 43 tahun ini mempunyai usaha kecil-kecilan, namun modalnya bertahan lama karena banyak pelanggannya yang membayar dalam jangka waktu lama. Keith. Foto: Christin Djuarto, CEO Shopee Indonesia menyerahkan UMKM Super Livestreamer Award kepada Triana Saptiaji, pemilik Azella dari Shopee

“Saya sudah menggunakan Shopee sejak tahun 2015, namun saat itu saya hanya berbelanja dan saat itu saya masih memiliki bisnis online. Kata istriku, modernitas sudah semakin maju, modern, semuanya serba digital, jadi kita harus bisa mengimbanginya. Selain itu, sebagai UMKM kecil kita memerlukan sesuatu yang bisa cepat perputaran modalnya, dan akhirnya saya membuka Azella Collections di Shopee. “Alhamdulillah saya sangat bersyukur telah mengambil keputusan ini,” kata Triana.

Pandemi COVID-19 menjadi titik balik perjalanan bisnis Triana. Pria kelahiran Tasikmalaya ini mengandalkan mode siaran langsung di Shopee untuk mengembangkan bisnisnya. Hasilnya sangat menarik. Koleksi Azella telah berhasil menjual lebih dari 1.500 item selama kampanye sejauh ini.

“Namanya era digital, kita sebagai UMKM, mau tidak mau harus belajar untuk maju. Akhirnya saya tahu kalau fitur-fitur di Shopee itu live streaming. Bisa live sampai jam 7 pagi. “Alhamdulillah kami bisa mampu mencapai ratusan juta dalam satu hari pada pukul 12.12.”

Berkat bisnis yang berkembang, Triana berhasil mencapai tujuan menciptakan lapangan kerja bagi 100 karyawannya. . Kisah sukses tersebut menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM lainnya, membuktikan bahwa penggunaan inovasi pada platform e-commerce akan membawa kesuksesan dan pertumbuhan bisnis. Bisnis Grup Oranye ini semakin berkembang berkat promosi Bank BRI PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mempunyai komitmen kuat untuk terus melanjutkan dan mendorong pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UMKM). dianrakyat.co.id.co.id 24 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D