0 0
Read Time:6 Minute, 50 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Banyak sekali hewan di dunia ini yang terlihat menakjubkan namun memiliki sisi mematikan. Dari monster yang menakutkan hingga makhluk kecil yang mematikan, alam memiliki caranya sendiri dalam menyeimbangkan kehidupan. 

Mengetahui lebih banyak tentang hewan berbahaya dan mematikan dapat membantu manusia memahami keanekaragaman spesies dan memahami cara melindungi diri agar terhindar dari bahaya.

Di bawah ini adalah daftar 10 hewan paling berbahaya dan mematikan di dunia. Untungnya, hewan ini bukanlah ular berbisa seperti yang disangka banyak orang.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak di bawah ini hewan paling berbahaya dan mematikan di dunia, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (6/6/2024).

Nyamuk adalah hewan paling mematikan dan berbahaya di dunia. Nyamuk diperkirakan menyebabkan antara 750.000 dan 1 juta kematian per tahun. Nyamuk menularkan berbagai penyakit yang membunuh manusia termasuk malaria, demam berdarah, virus West Nile dan virus Zika. Malaria sendiri menyebabkan lebih dari setengah juta kematian setiap tahunnya.

Hanya nyamuk betina yang memakan manusia, dan nyamuk jantan yang memakan nektar. Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa setengah dari seluruh kematian manusia disebabkan oleh penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Meskipun tidak ada perkiraan sejarah, nyamuk tetap menjadi hewan paling mematikan, menimbulkan malapetaka dan membunuh hampir satu juta orang setiap tahunnya.

Ternyata rasa takut terhadap ular atau ophidiophobia mungkin bukan hal yang sia-sia. Penelitian tradisional menyebutkan bahwa ular membunuh lebih dari 100.000 orang setiap tahunnya. Kurangnya antivenin secara global, serta daerah terpencil yang dihuni oleh spesies ular berbisa lainnya, berkontribusi terhadap tingginya angka kematian. 

Meski banyak orang yang takut dengan ular besar seperti boa constrictors dan anaconda, namun ular yang paling banyak membunuh orang adalah ular sisik India yang panjangnya hanya tiga meter.

Selain itu, ular karpet juga ditemukan di Afrika, Timur Tengah, dan India. Betina dari spesies ini dua kali lebih beracun dibandingkan jantan. Selain tingkat kematiannya, racun karpet merupakan neurotoxin yang menyebabkan tingginya angka amputasi pada manusia, sehingga tidak membunuh secara langsung.

Dari semua ular berbisa di dunia, taipan pedalaman dianggap yang paling misterius dan berbisa. Taipan pedalaman, yang berasal dari Australia, dapat mengeluarkan racun melalui gigitan berturut-turut dalam satu serangan. Terlepas dari kenyataan bahwa ular ini adalah salah satu makhluk paling berbahaya di dunia, ia pemalu dan bersembunyi. 

Sahabat seseorang adalah salah satu ancaman terbesar. Serangan anjing mengakibatkan 30-50 kematian setiap tahun di Amerika Serikat. Banyak serangan dilakukan oleh seekor anjing liar, dan beberapa pembunuhan dilakukan oleh sekelompok anjing liar.

Kematian akibat anjing dan serigala sangatlah kecil dibandingkan dengan jumlah kematian akibat penyakit rabies yang ditularkan oleh anjing.

Selama berabad-abad, serigala membawa manusia ke India, menyebabkan lebih dari 200 kematian per tahun pada abad ke-18 dan ke-19, namun 40.000-50.000 kematian per tahun disebabkan oleh virus rabies saja.

Sekali lagi, sebagian besar kematian ini terjadi di luar negara maju dan disebabkan oleh kurangnya pengobatan modern.

Penularan rabies dari serigala jauh lebih rendah dibandingkan dari anjing, namun angka ini bukan nol.

Kebetulan hewan paling mematikan berikutnya adalah siput air tawar. Seperti spesies lain yang kurang berbahaya, siput ini tidak membunuh manusia secara langsung, namun membunuh penyakit yang mereka sebarkan.

WHO memperkirakan jutaan orang terkena penyakit parasit setiap tahunnya, dan antara 20.000 hingga 200.000 di antaranya meninggal.

Schistosomiasis menyebabkan sakit perut yang parah dan dapat menyebabkan munculnya darah dalam urin orang yang terinfeksi. Tingginya angka kematian juga mungkin disebabkan oleh ketidaktahuan pemerintah dalam melaporkan dan kurangnya layanan kesehatan di daerah terpencil dan negara-negara berkembang.

Hewan paling merusak berikutnya dalam daftar hewan paling mematikan di dunia adalah buaya. Buaya menyebabkan 1000-5000 kematian setiap tahunnya, buaya adalah salah satu hewan terbesar, paling kejam dan berbahaya di dunia.

Dengan berat lebih dari 2.000 pon, aligator memiliki kekuatan gigitan yang luar biasa dan dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 45 mil per jam. Buaya adalah satu-satunya hewan dalam daftar ini yang berburu dan menangkap manusia.

Hewan paling mematikan adalah buaya Nil yang hidup di dekat sungai Nil. Orang Mesir kuno sangat takut dengan buaya ini sehingga mereka memakai simbol dewa buaya untuk perlindungan dari reptil.

Kumbang pembunuh adalah nama yang digunakan untuk menyebut lebih dari 150 spesies serangga yang memiliki jenis belalai melengkung.

Batangnya digunakan sebagai senjata untuk pertahanan dan berburu. Kecenderungannya menyerang daerah halus di sekitar mulut manusia membuat serangga ini dikenal dengan sebutan serangga penghisap darah.

Sebagian besar serangga yang ditemukan di seluruh dunia ini tidak menimbulkan bahaya bagi manusia, hanya saja gigitannya sangat menyakitkan. Namun, beberapa spesies yang ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan menyebarkan penyakit berbahaya yang disebut penyakit Chagas.

Meski tanpa pengobatan, jumlah orang yang meninggal karena penyakit Chagas tergolong rendah, namun prevalensi infeksi virus, dengan angka kematian 5%, menyebabkan antara 12.000 hingga 15.000 kematian per tahun akibat kegagalan organ akibat infeksi virus.

Lalat tsetse merupakan salah satu dari beberapa serangga yang masuk dalam daftar 10 hewan paling mematikan di dunia. Seperti serangga lainnya, bukan gigitan lalat tsetse yang membunuh manusia, melainkan infeksi yang ada, yang membunuh.

Lalat tsetse hidup di daerah tropis Afrika; Penyakit tidur afrika merupakan penyakit yang sangat sulit untuk diobati, apalagi kurangnya pelayanan kesehatan di masyarakat, namun tanpa pengobatan dapat berakibat fatal.

Karena letaknya yang terpencil dan kurangnya informasi yang akurat, jumlah orang yang meninggal diperkirakan sekitar 500.000 orang, namun informasi yang dapat dipercaya menyebutkan bahwa sekitar 10.000 orang meninggal setiap tahun setelah digigit lalat tsetse.

Kuda nil merupakan hewan terbesar ketiga setelah gajah dan badak. Kuda nil, seperti hewan berbahaya lainnya, dapat menyebabkan 500 serangan mematikan setiap tahunnya. Namun kuda nil mendapat rating tinggi karena reputasinya yang agresif, ganas, dan area yang luas.

Kuda nil bahkan dapat menyerang perahu, mengganggu habitatnya, dan kuda nil dapat menggunakan giginya yang tajam sepanjang 20 inci untuk menghasilkan efek yang luar biasa. Behemoth menyerang dengan cara menggigit, menginjak, dan menangkap musuh di bawah air hingga tenggelam.

Orang sering menganggap gajah sebagai makhluk yang cerdas dan ramah, karena gajah telah menjadi bagian utama sirkus selama bertahun-tahun.

Alasan mengapa gajah bisa hidup dengan baik adalah karena kecerdasan, emosi yang kompleks, dan struktur sosialnya, namun gajah, sebagai hewan darat yang besar, sangat berat dan bertenaga.

Gajah di penangkaran bisa menjadi pemarah dan pendendam, sedangkan gajah liar bersifat teritorial dan melindungi anggota keluarganya. Rata-rata, 500 orang per tahun meninggal karena kontak dengan gajah karena diinjak-injak, ditendang, ditindih, dan cara tidak menyenangkan lainnya.

Meskipun hiu sering digambarkan sebagai pembunuh mematikan dalam film dan acara TV, kenyataannya sangat berbeda. Di seluruh dunia, hiu hanya menyerang beberapa ratus orang dan menyebabkan kematian enam hingga tujuh orang setiap tahunnya.

Di Amerika, hiu membunuh satu orang setiap dua tahun. Hewan yang paling banyak menyebabkan serangan mematikan adalah hiu putih besar, hiu banteng, dan hiu macan. Lebih dari 375 spesies ikan telah diidentifikasi, namun hanya sekitar selusin yang dianggap berbahaya.

Rata-rata gigitan hiu dapat menyebabkan tekanan hingga 40.000 pon per inci persegi. Namun peluang diserang dan dibunuh hiu hanya 1 dalam 3,5 juta.

Di antara hewan paling berbahaya, hiu adalah hewan yang paling sering menjadi sasaran. Jutaan hiu dibunuh setiap tahun karena tingginya permintaan sirip hiu. Permintaan sirip hiu yang terus meningkat telah menyebabkan penangkapan ikan ilegal dan penangkapan ikan berlebihan, yang menyebabkan populasi hiu menurun di seluruh dunia.

Nyamuk bertanggung jawab atas 725.000 kematian setiap tahunnya. Nyamuk adalah pembunuh malaria terbesar di dunia. Nyamuk betina lebih sering menggigit, sehingga lebih berbahaya.

Menurut informasi terbaru dari One Kind Planet, koala merupakan salah satu hewan paling malas di dunia yang dikenal dengan kebiasaan tidurnya di pepohonan. Koala dikenal karena sifatnya yang malas dan kemampuan tidurnya yang luar biasa. Hewan ini bisa tidur hingga 20 jam setiap harinya!

Gajah merupakan mamalia terkuat, mampu mengangkat benda seberat tujuh ton atau setara dengan berat 130 orang dewasa. Kekuatan luar biasa ini berasal dari perutnya, yang memiliki lebih dari 150.000 serat otot. Sedangkan zebra juga dikenal sebagai hewan yang sangat kuat karena tendangannya yang kuat.

Pada tahun 2020, terdapat 57 serangan hiu yang tidak beralasan dan 39 serangan dipicu oleh interaksi manusia, yang mengakibatkan 13 kematian. Hal ini menjadikan hiu putih sebagai salah satu hewan paling berbahaya di dunia.

Nyamuk menyebabkan 725.000 kematian setiap tahunnya. Nyamuk adalah hewan paling mematikan di dunia, membunuh 725.000 orang setiap tahunnya. Hal ini disebabkan kemampuannya menyebarkan penyakit seperti malaria dan demam berdarah dengue.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D