0 0
Read Time:1 Minute, 44 Second

Purwakarta, 7 Desember 2023 – PLTS Terapung Sirata merupakan PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara, dan ketiga di dunia. PLTS ini dibangun di Waduk Sirata di Jawa Barat dan mampu mengalirkan listrik ke sekitar 50.000 rumah.

PLTS Terapung Sirata merupakan proyek kolaborasi pemerintah Indonesia melalui PT PLN Nusantara Power dan Masdar, grup energi terbarukan yang berbasis di Abu Dhabi.

PLTS ini menggunakan teknologi terdepan dari ABB, perusahaan global di bidang elektrifikasi dan otomasi. Mereka telah berhasil memasang, menguji, dan mengoperasikan switchgear berinsulasi udara primer tegangan menengah dengan kapasitas 192 megawatt puncak (MWp), sekitar 30 kali lipat kapasitas pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di Eropa.

Jangkar dan jangkar yang digunakan mencapai kedalaman 100 meter, terdalam di dunia. Kehadiran PLTS terapung ini diharapkan dapat menghindari emisi karbon dioksida sebesar 214.000 ton per tahun.

“Kami bangga menjadi bagian dari proyek ini, yang tidak hanya strategis bagi pemerintah Indonesia, namun juga memberikan sinyal positif bagi perekonomian global lainnya,” kata Ken Yap, wakil presiden komersial bisnis elektrifikasi ABB. di Indonesia. Dari keterangan resmi dianrakyat.co.id Techno.

PLTS terapung Sirata menghasilkan pasokan listrik yang andal, efisien, dan bersih. PLTS ini tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca sehingga akan membantu Indonesia mencapai target energi terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Selain itu, PLTS Terapung Sirata juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. PLTS ini menciptakan lebih dari 1.400 lapangan kerja selama proses konstruksi.

Pemerintah Indonesia berencana menambah 60 instalasi PV terapung seperti pembangkit listrik Sirata untuk mencapai target 23 persen energi terbarukan pada tahun 2025.

Dibantu dengan 100 waduk dan 521 danau alami yang tersebar di seluruh tanah air, Indonesia mempunyai potensi besar untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya terapung.

PLTS Terapung Sirata merupakan proyek penting bagi Indonesia dalam upaya mencapai target energi terbarukan. PLTS ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal dan menyimpan potensi pertumbuhan lebih lanjut di masa depan. Menko Airlanga: Indonesia mempercepat transisi energi dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui AJEC Menko Airlanga: Berdirinya Asia Zero Emission Center berangkat dari semangat kerjasama semua pihak dan sejalan dengan Deklarasi Bersama Pimpinan AJEC. menindaklanjuti. dianrakyat.co.id.co.id pada 21 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D