0 0
Read Time:1 Minute, 7 Second

JAKARTA – Dua asteroid diperkirakan melintas dekat Bumi pada Jumat 15 Maret 2024. Yakni asteroid 2024 EK3 dan 2020 FU.

Menurut pelacak asteroid NASA, asteroid 2024 EK3 yang diperkirakan berdiameter 11 meter akan melintas lebih dekat ke Bumi dibandingkan asteroid lainnya. Asteroid ini akan menjadi salah satu yang terdekat dengan Bumi dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, asteroid 2020 FU, yang dinamai berdasarkan gerakan terakhir pegulat profesional John Cena, diperkirakan berukuran sekitar 31 meter.

Namun, tidak perlu khawatir. Dalam laporan JPost, NASA memperkirakan asteroid 2024 EK3 akan melintas lebih dari 600.000 km dari Bumi, lebih jauh dari Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Sekalipun asteroid 2024 EK3 menghantam Bumi, ukurannya yang kecil kemungkinan besar akan membakarnya di atmosfer, dan material yang tersisa akan sangat kecil dan tidak berbahaya.

Namun perlu dicatat, kejadian hari ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga planet ini. Berbagai upaya ilmiah telah dilakukan untuk memantau luar angkasa dan meluncurkan pesawat ruang angkasa untuk mencegah dampak asteroid yang besar melalui Program Penilaian Dampak Asteroid.

Misi Double Asteroid Redirection Test (DART) NASA yang berhasil mengubah orbit asteroid dimorf menjadi bukti nyata kemampuan teknologi ini. Dengan peringatan dini yang cukup, para ilmuwan bisa mewaspadai asteroid yang berbahaya di masa depan.

Meski tidak menimbulkan bahaya langsung, namun berlalunya bintang ini dapat berdampak pada perekonomian dan masyarakat. Penerbangan mungkin terganggu di beberapa wilayah dan ketakutan masyarakat mungkin meningkat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D