0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) akan lebih aktif menstabilkan nilai tukar rupiah untuk mengantisipasi pengaruh Iran, menurut Yusuf R. Manilet, peneliti ekonomi Pusat Reformasi Ekonomi (KOR) Indonesia. ). Konflik Israel.

Konflik tersebut juga akan mempengaruhi nilai tukar mata uang di Indonesia karena investor mungkin mencari aset yang lebih aman sehingga berdampak pada penurunan nilai rupiah, kata Yusuf kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (16/04/2024). .

Dia mengatakan, tingkat volatilitas rupee akan lebih tinggi dibandingkan beberapa bulan lalu dan depresiasi rupee kemungkinan akan berlanjut lebih lama.

“Dari segi infrastruktur atau kebijakan, pemerintah dan otoritas terkait sebenarnya memiliki sejumlah alat yang bisa digunakan untuk memprediksi dampak lebih lanjut dari konflik Iran-Israel,” ujarnya.

Berbagai kebijakan seperti instrumen Surat Berharga Bank Indonesia Rupiah (SRBI) dan Surat Berharga Asing Bank Indonesia (SVBI) dapat dioptimalkan untuk mengantisipasi depresiasi nilai tukar yang besar.

“Dalam hal ini, saya kira Bank Indonesia akan lebih aktif di pasar valuta asing untuk melakukan intervensi terhadap nilai tukar rupiah,” ujarnya.

Di sisi lain, konflik antara Iran dan Israel dapat menyebabkan harga minyak naik karena terganggunya pasokan minyak mentah. Menurut Youssef, asumsi harga minyak dalam negeri harus disesuaikan jika ketegangan antara Iran dan Israel terus berlanjut.

Selain itu, harga bahan bakar minyak (BBM) juga kemungkinan akan mengalami perubahan dengan asumsi konflik terus berlanjut akibat reaksi Israel dan sekutunya.

Jika konflik ini meningkat menjadi perang besar-besaran di Timur Tengah, hal ini dapat mendorong perekonomian global ke dalam resesi dan berdampak signifikan terhadap sentimen investor. Ketidakpastian dan volatilitas akan menyebabkan penurunan aktivitas investasi.

Namun dalam konteks sentimen investasi, ada faktor lain yang mempengaruhi psikologi investor, dan dalam konteks Indonesia sebenarnya faktor tersebut relatif kecil pengaruhnya terhadap Indonesia, misalnya faktor stabilitas perekonomian jangka panjang, ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D