0 0
Read Time:1 Minute, 57 Second

dianrakyat.co.id Lifestyle – Berolahraga di pusat kebugaran atau gym menjadi pilihan bagi sebagian orang. Dengan berlatih di gym kita dapat melakukan berbagai jenis latihan, mulai dari latihan yang berfokus pada kardio, kaki, dan lainnya.

Namun, ada baiknya Anda mengenakan sepatu kets saat berolahraga di gym. Jangan membuat kesalahan dan terluka akibatnya. Bagaimana ini bisa terjadi? Yuk, scroll untuk mengetahui selengkapnya. 

Misalnya saja Anda ingin berlari di atas treadmill. Jangan menggunakan sepatu dengan sol keras karena berisiko cedera. Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Dr. Sophia Hage, Sp.KO di tvOne Hidup Sehat Plus, 10 Mei 2024.

“Sepatu ini biasanya tidak mendorong kaki ke depan, dan solnya lebih keras, cukup tinggi, tidak empuk, jadi kalau dipakai lari, harganya sedikit lebih murah. Kalau dipakai terlalu lama, maka Anda takut cedera olahraga”, ujarnya.

Sofia mengungkapkan, penggunaan sepatu lari untuk angkat beban di gym juga tidak disarankan. Pasalnya, kelenturan sepatu lari tertentu dapat menyebabkan cedera lutut atau punggung bawah.

“Jangan ke gym dengan menggunakan sepatu lari, karena terkadang di gym kita terdapat gerakan-gerakan yang membutuhkan kestabilan karena menggunakan alat berat atau beban yang berat. Ciri-ciri sepatu lari adalah membantu mendorong sol ke depan, yang ketika kita berlari, kami ingin membiarkan tubuh kami bergerak maju dengan cepat.” “katanya.

“Jadi tumit sepatu lari bergerak sangat jauh ke depan. Jadi saat kita berlari, mereka membantu mendorong tubuh kita ke depan. Sekarang bayangkan memakai sepatu itu di gym, yang posisinya sangat berbeda. Menurunkan barbel ke depan justru menyebabkan cedera dan nyeri. atau kehidupan dll.

 Pilihan sepatu untuk olahraga

Sophia mengungkapkan, ada beberapa aturan saat membeli sneakers. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis sol sepatu.

“Yang perlu kita fokuskan adalah solnya, atau bagaimana ia duduk dan menopang kaki kita, seberapa stabil atau fleksibelnya,” ujarnya.

Sedangkan dengan tren barefoot shoes, Anda perlu memperhatikan ciri-ciri sepatu tersebut karena terkesan tidak memakai sepatu atau sandal. Hal ini untuk meminimalkan risiko cedera. 

“Itu fashion, perhatikan, kita tidak bisa sembarangan memilih. Perhatikan jenis solnya melengkung atau tidak. Perhatikan kestabilan pergelangan kaki atau bentuk sepatu, tinggi atau tidak bagian belakangnya. baik dari kestabilan mata kaki atau dari bentuk sepatunya, jadi jika kita bertelanjang kaki sebaiknya diperhatikan pantas atau tidaknya memakai kaki telanjang. Turnamen Bola Basket Antar Pelajar Liga Tunggal 2024 untuk Mempromosikan Liga Tunggal, Bola Basket, dan Pameran Mobil Minggu , 18 Agustus 2024, Solo, GOR. Diselenggarakan di Sritex Arena dianrakyat.co.id.co.id 20 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D