0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

JAKARTA – Berdasarkan data dari serangkaian kasus yang ditangani, dr. ELIZABETH YASMINE VERDAVIO, SP. PS, Subsp. G. H (K), dokter spesialis nefrologi RS Pondok Indah Bintaro Jaya, mengungkapkan sebagian besar pasien gagal ginjal akut dan kronis memiliki kebiasaan minum minuman manis saat masih sehat.

“Terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dapat menjadi penyebab utama kerusakan ginjal pada usia dini,” jelas Dr. Elizabeth mengadakan diskusi pada Rabu, 10 Juli 2024.

Dokter yang juga merupakan dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hipertensi ginjal ini menjelaskan untuk berhati-hati terhadap minuman manis termasuk minuman kemasan, minuman berenergi, dan kopi yang banyak dinikmati anak muda saat ini.

Meski kopi sendiri tidak secara langsung menyebabkan kerusakan ginjal, namun kebiasaan menambahkan gula, susu kental manis, dan terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat meningkatkan gula darah. isabel

Selain itu, dr Elizabeth juga berpesan kepada masyarakat untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol oplosan atau campuran yang dapat membahayakan kesehatan dan fungsi ginjal secara serius.

Sebaliknya, Dr. Elizabeth menyarankan untuk mengganti minuman manis dengan air. Ia juga mengingatkan generasi muda untuk memperhatikan konsumsi air mineral sehari-hari.

“Bagi orang yang kondisi fisiknya sehat, dianjurkan mengonsumsi air mineral sebanyak 30 cc per kilogram berat badannya,” ujar dr. isabel.

Misalnya, untuk seseorang yang memiliki berat badan 50 kg, minimal konsumsi airnya adalah 1,5 liter sehari. Dan bagi mereka yang kelebihan berat badan atau lebih banyak melakukan aktivitas fisik, kebutuhan air mineral akan semakin tinggi,” imbuhnya.

Di akhir ceramahnya Dr. Elizabeth mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan tabel gizi pada kemasan minuman sebelum mengonsumsinya. Hal ini dilakukan untuk mengontrol kadar gula dan mencegah risiko penyakit ginjal. 10 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan Beberapa minuman sehat sebelum tidur dapat membantu meningkatkan metabolisme, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu menurunkan berat badan. dianrakyat.co.id.co.id 17 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D