0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Airbag kini sudah menjadi komponen keselamatan yang sangat penting pada kendaraan roda empat. Sejalan dengan masyarakat atau konsumen yang kini semakin sadar akan pentingnya fungsi airbag, untuk mengurangi risiko kematian jika terjadi tabrakan.

Saat ini airbag tidak hanya terletak di bagian tengah kemudi atau dashboard penumpang depan saja, namun juga berpindah ke bagian lain sebagai perlindungan tambahan bagi bagian tubuh pengemudi atau penumpang lainnya yang dapat mengalami cedera serius jika terjadi kecelakaan. dari tabrakan.

Biasanya pada komponen penting ini terdapat tulisan SRS airbag yang merupakan singkatan dari Supplemental Restraint System. Artinya, fitur ini mendukung dan bukan terutama untuk menyelamatkan penumpang jika terjadi kecelakaan.

Menurut pressroomtoyotaastra, proses penggelembungan airbag sangat cepat. Ketika penyala menyalakan senyawa Natrium Azida (NaN3), ia bereaksi dengan Kalium Nitrat (KNO3) membentuk nitrogen panas yang memperluas kantong udara. Namun proses ini hanya akan terjadi jika ECU airbag mengirimkan perintah.

ECU airbag baru akan memerintahkan proses di atas, jika sensor airbag yang ditempatkan pada titik tertentu menerima daya tertentu yang cukup besar.

Banyak faktor yang menentukan apakah sensor akan membaca daya yang cukup dan menyebabkan airbag mengembang, misalnya pada benturan dari depan dengan kecepatan minimal 20-30 km/jam, jarak pembacaan sensor sekitar 15 derajat dari garis lurus di depan. .

Ingatlah bahwa jika kantung udara sudah mengembang, maka kantung udara tersebut tidak dapat digunakan lagi melainkan harus diganti dengan yang baru. Ada baiknya untuk memperbaiki kendaraan yang mengalami kecelakaan, termasuk mengganti airbag dengan yang baru.

Mobil dengan airbag samping memiliki sensor di pilar B yang akan mengembang jika terjadi benturan samping. Pada bagian side airbag, airbag dapat mengembang dari door trim atau pilar rangka mobil.

Kecepatan menggembungkan airbag sisi jauh paling cepat dibandingkan posisi airbag lainnya. Pasalnya, jarak penumpang dengan sisi mobil lebih kecil sehingga kecepatan menggembung harus lebih cepat.

Biasanya airbag samping dipadukan dengan airbag tirai. Airbag jenis ini berguna untuk melindungi kepala penumpang dari benturan saat terjadi tabrakan samping. Posisikan airbag di atas jendela samping, agar saat mobil terguling, kepala penumpang atau pengemudi tidak mengalami cedera serius.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D