0 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

dianrakyat.co.id – Kasus korupsi Mantan Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo (SYL) terus diungkap oleh banyak orang yang bekerja bersamanya. Salah satunya terkait mobil Toyota yang digunakan cucunya.

Fadjiri Djufri, Kepala Badan Standardisasi Alat Pertanian, mengaku kepada cucunya Andy Tenri Bilang Radiyah saat hadir sebagai saksi dalam perkara sukarela Pengadilan Jaksa KPK atas perintah CEL.

“Peminjaman mobil selama beberapa tahun mulai tahun 2020 hingga 2023,” ujarnya dalam sidang, Jumat, 24 Mei 2024.

Kendaraan yang digunakan cucu SL tersebut adalah Toyota NAV1 milik pemerintah atau untuk operasional litbang pertanian, namun ia mengaku tak bisa menolak karena instruksi langsung dari menteri.

“Mobil kantor, mobil hasil penelitian dan pengembangan pertanian. “Iya, mobil pemerintah Toyota NAV,” ujarnya.

Toyota NAV1 pertama kali dijual di Indonesia pada tahun 2012. MPV (Multi Purpose Vehicle) pintu geser ini terbukti menjadi pesaing Mazda Biante, Nissan Serena, atau Mitsubishi Delica saat itu.

Nenek moyang Toyota Voxy, mobil ini memiliki kondisi rakitan lokal atau CKD (completely knock down). Namun pada tahun 2016, NAV1 mulai dihentikan produksinya atau dihentikan karena penjualannya yang kurang menjanjikan.

Akhirnya digantikan oleh Voxy pada tahun 2017. Dari segi segmen, mobil ini hadir untuk menjangkau konsumen yang tidak mampu membeli Alfard, sehingga ditawarkan MPV sub-kompak pintu geser.

Menurut beberapa sumber, NAV1 merupakan singkatan dari Navigation One, namun untuk pasar Jepang mobil tersebut akan diberi nama Noh. Mobil keluarga ini berkonfigurasi 7 penumpang dengan Captain’s Seat di baris kedua.

Dibekali mesin bensin empat silinder 2000cc kode 3ZR-FE dan transmisi otomatis, hanya berpenggerak roda depan. Menurut platform jual beli online, harga Toyota SL Grandson bekas saat ini adalah Rs. Hanya Rp 150 juta pada tahun 2013. Di awal semester kedua, mobil Honda menjadi salah satu produk yang paling banyak dicari masyarakat dan mendapat hasil positif. Bulan Lalu, 7.709 Mobil Honda Dibeli Masyarakat, Naik 1,2 Persen dianrakyat.co.id.co.id 16 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D