0 0
Read Time:2 Minute, 20 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Baru-baru ini penyanyi pria Tanah Air, Vidi Aldiano berbagi kisahnya berjuang melawan kanker ginjal.

Sepulang dari liburan panjang di Eropa bersama keluarga dan istri tercinta Sheila Dara Ayesha, pelantun ‘Nuansa Bening’ itu dihadapkan pada kenyataan pahit. 

Vidya Aldiano mengatakan dia harus menjalani spa setiap tiga minggu sebagai bagian dari pengobatan kankernya. 

Jurnal Online: Bagian 5. Kembali ke kemoterapi, periksa hasil PET dan akui fakta ini, baca postingannya.

Dalam video yang sudah ditonton puluhan ribu kali, Bidi mengatakan, “Saya masih harus terus berjuang dan masih harus melakukan ini (hari spa) setiap tiga minggu sekali,” ujarnya, Rabu, dilansir Healthdianrakyat.co.id. . , 12 Juni 2024.

Selain itu, penyanyi berusia 34 tahun itu juga membeberkan hasil PET scan beberapa bulan lalu. Berdasarkan hasil PET scan, sel kanker menyebar atau tumbuh di berbagai bagian tubuhnya.

Hanya saja, tempat-tempat lama itu ada yang kecil banget dan ada yang hilang. Jadi kayaknya, menurut saya mungkin menang, kata Bidi.

Bidi pun mengungkapkan, beberapa waktu lalu dirinya mengonsumsi obat baru yang lebih kuat. Jadi khawatir dengan efek sampingnya.

Meski demikian, Bidi tetap merasa bahagia saat kembali dari liburan 3 minggu di Eropa bersama istri dan keluarganya.

“Jujur saya ke sana tiga minggu lalu, mungkin saya sangat senang dan batunya ada di sana, dan kualitas udara di sana sangat bagus, jadi saya merasa sehat di sana.”

Selama musim liburan, Vidi Aldiano tidak merasakan sakit atau nyeri dan merasa sangat sehat.

Sejak lama, Vidi Aldiano memang banyak bicara soal kesehatannya. Pada tahun 2019, VD mengumumkan bahwa ia telah didiagnosis menderita kanker ginjal.

Ia juga harus menjalani transplantasi ginjal di Singapura, kanker ginjal yang dideritanya sudah stadium 3 yang sangat parah. 

Dengan demikian, Bidi kini hidup hanya dengan 1 ginjal. Dan untuk menunjang keadaan tersebut, Vid Aldiano memutuskan untuk menjadi vegetarian agar tidak memperburuk kondisinya dan membantu fungsi ginjalnya yang kini hanya tersisa 1.

Vidi Aldiano didiagnosis mengidap kanker ginjal pada tahun 2019, sehingga memerlukan operasi pengangkatan ginjal tersebut karena dokter mengatakan kanker yang dideritanya terlalu parah.

Hingga saat ini, Vid Aldiano harus menjalani kemoterapi atau spa secara rutin sebagai bagian dari proses pengobatan penyakitnya. Namun baru-baru ini Vidi Aldiano mengungkapkan beberapa sel kanker di tubuhnya telah berkurang atau bahkan hilang secara signifikan.

Namun, ia juga menemukan adanya beberapa sel kanker baru. Jadi dia tetap harus istirahat tiga minggu sekali dan mengonsumsi obat yang lebih kuat dari sebelumnya.

Meski penyebab pasti kanker ginjal belum diketahui, penyakit Vidi Aldiano bisa menyerang siapa saja.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit tersebut.

Menurut Dewan Kanker, berikut adalah beberapa faktor risiko utama kanker ginjal: Merokok Bahan kimia berbahaya Riwayat keluarga kelebihan berat badan atau obesitas Tekanan darah tinggi Penyakit ginjal parah pada pria

Penjelasan di atas, Vid Aldiano masih harus berjuang untuk sembuh total dari penyakit kanker ginjal yang dideritanya sejak tahun 2019.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D