0 0
Read Time:1 Minute, 56 Second

Wonogiri – Anggota Naturalis KMP Kiri Bahama Universitas Muhammadiyah Solo, Joko Sulistio, menjelajahi 13 gua untuk mencari tambahan sumber daya bagi warga yang mengalami kekeringan.

Aksi penjelajahan 13 gua tersebut dilakukan Joko karena warga Desa Bukung, Kecamatan Eromogo, Jawa Tengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Penduduknya hanya bergantung pada satu sumber, yang debitnya tidak terlalu tinggi. Hal ini memaksa banyak warga mencari sumber alternatif yang jauh dari desa. Menurut Joko, warga desa harus berjalan beberapa kilometer untuk mendapatkan 10 hingga 20 liter air.

Ribuan masyarakat yang tinggal di wilayah Wonogiri dan Gunung Kitul yang sedang berada di puncak musim kemarau harus membeli air ke Kota Yogyakarta untuk kebutuhan minum. Situasi ini dirasakan oleh 544 kepala keluarga atau 2.350 jiwa di Desa Bukung.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, 26 Oktober 2023, Joko mengatakan, “Mandi bukan berarti hanya sehari sekali.”

Joko memasuki 13 gua dan menemukan hanya satu yang berisi air. Gua Gua Suruh.

“Guanya ada 13, dan saat saya masuk ke Gua Churu, saya melihat ada sungai di dalamnya. Satu-satunya gua yang ada airnya,” jelasnya.

Saat itu, Joko bercerita kepada warga desa bahwa air di Gua Suruh bisa dipompa dan dijadikan sumber air tambahan bagi warga.

Namun, Joko terkendala bagaimana cara mendapatkan air ke desa tersebut. Situasi semakin sulit karena tidak ada satupun warga desa yang berani memasuki Gua Suruh.

Joko mengajak Ashari, Kepala Desa Bukung, untuk melihat langsung air yang ada di dalam gua. Usai berfoto, mereka memberi tahu warga desa tentang lokasi sumber air. Warga ingin bekerja sama untuk sampai ke sana pada akhirnya.

Warga menyumbangkan tenaga, warga desa meminta dana dari APBD, Joko dan Sahabat Kiri Bahama memberikan keahlian, pemikiran dan waktu untuk melaksanakan proyek tersebut, dan dapat dikumpulkan donatur.

Kini air tersebut bisa dialirkan ke menara air yang berdiri di atas bukit hingga mengalir ke Desa Bukung. Dengan demikian, masyarakat bisa mengambil air kapan pun mereka mau dari tangki penampungan yang ada di sekitar desa.

Berkat usaha dan ketekunan Joko, ia mendapat pemeringkatan SATU Indonesia Awards bidang lingkungan hidup pada tahun 2013. Proyek ini diluncurkan Astra untuk menarik generasi muda Indonesia dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar di nusantara. Kota Padang dilanda kekeringan, 96 Ton Air Bersih Didistribusikan ke Warga Kota Patang beberapa pekan terakhir dilanda kekeringan. dianrakyat.co.id.co.id 12 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D