0 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

JAKARTA – Build Your Dream atau BYD yang mulai beroperasi sebagai perusahaan baterai pada tahun 1995, memiliki teknologi canggih di bidang kendaraan listrik.

Salah satunya adalah transmisi e-platform 3.0 dan 8-in-1 yang dipasang pada tiga mobil listrik yang diluncurkan di Indonesia, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

Tatsuya Mikami, penasihat umum BYD Jepang, mengatakan powertrain delapan-dalam-satu dan teknologi e-platform mewakili pencapaian unik di dunia otomotif. Jadi apa gunanya?

Manfaat teknologi e-platform 3.0

Kata “E” di bagian depan platform melambangkan sambungan listrik. Sedangkan angka 3.0 berada di belakangnya karena terhubung dengan baterai bilahnya. E-platform 3.0 memiliki 4 keunggulan utama. Pertama, soal keamanan. Desainnya kuat dan baterainya terintegrasi, meningkatkan kekuatan dan stabilitas.

Keamanan e-platform 3.0 juga menunjang estetika bagian bawah bodi mobil dan wheelbase panjang.

Kedua, kinerja. Sistem tenaga listrik 8-in-1 pertama di dunia dengan efisiensi 89%, mengurangi bobot dan meningkatkan efisiensi.

Ketiga, kenyamanan, sistem terintegrasi membuat pengalaman berkendara lancar dan sensitif. Desain dasar datar meningkatkan stabilitas. Selain itu, e-platform dapat mengatur suhu baterai dengan baik bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem. Oleh karena itu, dapat memperpanjang panjang mobil

Terakhir, ada estetika. Desain lapang dan ruang tamu luas. Saat merancang E-platform 3.0, BYD menggabungkan motor, transmisi, inverter, konverter DC-DC dan komponen penting lainnya ke dalam satu perangkat, sehingga memberikan keunggulan dalam menghemat ruang di bodi mobil.

Sistem ini tidak hanya mengurangi bobot mobil dan meningkatkan efisiensi, tetapi juga menambah ruang ruangan.

Teknologi transmisi 8-in-1

Teknologi powertrain 8-in-1 BYD meliputi BMS, VCU (vehicle control unit), inverter, PDU (power distribution unit), OBC (charger on board) dan transmisi/e-motor di unit kedua. Semua bagian dan perkakas kecuali gearbox dan e-motor dipisahkan.

Penyertaan powertrain BYD 8-in-1 memastikan efisiensi sistem sebesar 89%, mencakup fungsi kemudi dan pengereman, serta pengontrol unit transmisi canggih untuk respons cepat dan penggunaan motor listrik secara penuh.

Delapan pemanas dalam satu memiliki dua keunggulan, mulai dari ukuran yang tepat dan ruang yang sempurna pada furnitur serta harga.

Karena BYD memproduksi semuanya sendiri, biaya produksi bisa murah dan menguntungkan pelanggan.

Sistem manajemen suhu E-platform 3.0 memiliki dua sistem manajemen suhu, yaitu pengatur suhu ruangan dan baterai. Pada mobil konvensional, sistem pengatur suhu merupakan sistem yang mengontrol suhu kabin.

Mobil BYD memiliki sistem AC yang tidak hanya mengontrol suhu di dalam kabin, tetapi juga mengontrol suhu baterai. AC tidak hanya berfungsi saat menghidupkan mobil, tetapi juga saat quick charge.

Ini memastikan pemuatan dan stabilitas yang stabil. Dalam proses pendinginan aki tidak digunakan air melainkan udara atau gas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D