0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

dianrakyat.co.id, Ketua Komite Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) DKI Jakarta, dokter spesialis anak Prof. Hindra Satari mengungkapkan, keluarga anak tersebut di Sukabumi, Jawa Barat, menolak autopsi selama dua bulan. Anak tersebut meninggal setelah ditusuk.

Hindra dalam keterangan resmi Kementerian Kesehatan RI, Minggu, 30 Juni 2024 mengatakan, “Pihak keluarga tidak mau mencabut permintaan polisi dan penasihat hukum untuk memeriksa jenazah.”

Hindra melanjutkan, “Keluarga ini sudah menyatakan menerima kematian bayi MKA.

Sebelumnya, Komnas KIPI merekomendasikan dilakukan otopsi untuk mengetahui penyebab meninggalnya anak tersebut karena MKA. Jadi belum diketahui apakah ada kaitannya dengan vaksin tersebut.

Berdasarkan alasan dan analisis yang dilakukan Panitia Daerah KIPI Jabar dan Panitia Nasional KIPI (COMNAS). Investigasi mengungkapkan bahwa penyebab kematian tidak dapat ditentukan.

“Survei KIPI dilakukan bersama Panitia Daerah KIPI Jabar dan Panitia Nasional KIPI. Hasil pemeriksaan berdasarkan informasi yang ada, belum bisa disebutkan penyebab kematiannya, mungkin terkait suntikan, dan rekomendasinya adalah pemeriksaan jenazah, kata Hindra.

Bayi meninggal dalam beberapa jam setelah menerima dua suntikan

Anak MKA meninggal beberapa jam setelah menerima empat vaksin berbeda: tuberkulosis, DPT-HB-Hib, difteri, dan rotavirus.

Setelah disuntik, kondisi anak tersebut sempat berubah, namun tak butuh waktu lama hingga tubuhnya melemah. Setelah itu, ia dibawa ke Puskesmas dan kemudian dipindahkan ke rumah sakit, namun anak tersebut meninggal di rumah sakit pada 11 Juni 2024.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM) juga mengambil sampel vaksin yang diberikan kepada bayi yang meninggal karena MKA.

Pengambilan sampel vaksin dilakukan untuk memeriksa kualitas vaksin.

BPOM juga telah menemukan sampel vaksin yang diberikan kepada anak MKA yang meninggal. Contoh ini untuk kontrol kualitas. Jadi sedang dilakukan uji kualitas, kata Hindra.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D